Tuliskan 4 sistem organ pada manusia dan organ yang menyusunnya

D jaringan ikat memiliki beberapa fungsi. salah satunya dapat menghubungkan jaringan yang satu dengan yang lainnya. Tambahkanlah minimal 2 fungsi jari … ngan ikat!​

mohon bantuanya segera mau dikumpulin​

Sebutkan 4 pulau yang termasuk kawasan Indonesia barat dan hewan yang terdapat di kawasan tersebut?

ciri ciri makhluk hidup​

Apa yang dimaksud dengan jaringan embrional sebutkan contohnya​

Jagung kurang manis dikawinkan dengan jagung putih tak manis. Apabila sifat kuning ditentukan oleh gen K dominan terhadap putih dengan gen k dan sifat … manis ditentukan oleh gen N dominan terhadap tidak manis gen n. Maka tentukan: a. Fenotipe dan genotipe yang muncul pada keturunan pertama(F1) b. Tentukan perbandingan fenotipe dan genotipe yang muncul pada (F2) keturunan kedua apabila F1 dikawinkan sesamanya. c. Apabila pada F2 dihasilkan 2720 pohon jagung berapakah jumlah masing masing fenotipe yang muncul pada F2

sebutkan salah satu peran usus besar dalam pencernaan

1. Berikut ini yang bukan syarat arus listrik dapat mengalir dalam rangkaian listrik adalah.... a. berupa rangkaian terbuka b. berupa rangkaian tertut … up c. memiliki sumber tegangan d. memiliki hambatan listrik Dada2. pada sebuah rangkaian listrik sederhana,sakelar berguna untuk.....a. sumber arus listrik pada rangkaian listrikb. menghubungkan komponen² dalam rangkaian listrikc. mengetahui ada tidaknya arus listrik yang mengalir dalam rangkaian listrikd. menghubungkan dan memutuskan aliran listrikfoto ada di atas perhatian gambar berikut untuk mengerjakan soal nomor 3-5!3. jenis rangkaian listrik tersebut adalah rangkaian.....a. serib. paralelc. campurand. seri-pararel4. komponen listrik yang dirangkai secara berurutan adalah....a. sakelarb. lampuc. bel listrikd. baterai5.jika lampu c padam,hal yang terjadi adalah.....a. lampu A dan lampu B tetap menyalab. lampu A menyala sedangkan lampu B padamc. lampu A padam sedangkan lampu B menyalad. lampu A dan lampu B sama sama padam ​

hasil persilangan antara dua individu dengan dua sifat beda pada F2 diperoleh hasil perbandingan fenotipe

jelaskan posisi pemasangan pipa pada PLTA yang tepat​

KOMPAS.com -Organ merupakan kelompok jaringan yang melakukan beberapa fungsi. Di lansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), organ adalah sekelompok jaringan organisme hidup yang telah disesuaikan untuk melakukan fungsi tertentu.

Berdasarkan letaknya, organ tubuh dibedakan menjadi dua yaitu organ dalam dan organ luar. Organ dalam terletak di dalam tubuh, seperti jantung, ginjal, hati, limpa, dan usus. Sedangkan organ luar, seperti kaki, tangan, dan kulit.

Sistem Organ

Sistem organ adalah kelompok organ yang bekerja sama membentuk suatu fungsi yang berkesinambungan.

Sistem organ pada tubuh hewan dan manusia dibedakan menjadi sepuluh sistem, yaitu pencernaan, pernapasan, peredaran darah, ekskresi, rangka, saraf, otot, kelenjar, integument, dan reproduksi.

Baca juga: Kulit sebagai Organ Ekskresi Tubuh

Berikut penjelasannya:

Sistem Reproduksi

Sistem reproduksi makhluk hidup berungsi untuk perkembangbiakkan, sistem reproduksi bergantung pada jenis kelaminnya. Pada wanita terdiri atas vagina, ovarium, dan Rahim, sedangkan pada pria terdiri atas penis, testis, dan vas deferens.

Sistem Endokrin

Dilansir dari Biology Dictionary, sistem endokrin terdiri atas semua kelenjar penghasil hormon dalam tubuh yang berfungsi untuk mengatur metabolisme. Contoh kelenjar penghasil hormon adalah kelenjar tiroid, kelenjar pituitary, dan pankreas.

Sistem Integumen

Sistem integument adalah sistem yang melindungi tubuh dari lingkungan luar terdiri atas organ kulit, kuku, rambut pada manusia, dan bulu, dan sisik pada hewan.

Sistem Rangka

Sistem rangka berfungsi untuk memberikan bentuk tubuh dan juga menyokong tubuh makhluk hidup. Sistem rangka terdiri atas tulang-tulang yang berada pada tubuh seperti tengkorak, tulang rusuk, tulang dada, dan tulang anggota gerak bagian bawah.

Baca juga: Cara Merawat Organ Tubuh agar Sehat

Lihat Foto

Ilustrasi sistem peredaran darah manusia.

Sistem Pernafasan

Sistem pernafasan terdiri atas hidung, trakea, laring, faring, bronkus, dan paru-paru. Sistem pernafasan berungsi untuk memperoleh oksigen yang diperlukan tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida yang tidak diperlukan tubuh.

Sistem Otot

Sistem otot terdiri atas otot polos, otot lurik, dan otot jantung seperti yang telah dijelaskan pada jaringan hewan vertebrata. Sistem otot berfungsi sebagai alat gerak aktif pada tubuh makhluk hidup.

Sistem Peredaran Darah

Dilansir dari Biology Dictionary, sistem peredaran darah terdiri atas jantung, vena, arteri, kapiler, kelenjar limfatik, dan kelenjar limfa.

Sistem peredarah darah berfungsi untuk mengedarkan darah, oksigen dan nutrisi ke sel-sel diseluruh tubuh, mengangkut hasil metabolisme, dan menghancurkan bakteri.

Baca juga: Dampak Tubuh Jika Organ Hati Tidak Bisa Menetralisir Toksin

Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan terdiri atas lidah, gigi, kelenjar air liur, kerongkongan, lambung, hati, pancreas, usus, dan empedu. Sistem pencernaan berfungsi untuk mencerna makanan agar dapat diserap oleh darah dan digunakan oleh seluruh bagian tubuh.

Sistem Saraf

Sistem saraf terdiri atas otak, sumsum tulang belakang, dan sistem saraf tepi. Sistem saraf berfungsi untuk menerima rangsang dari organ tubuh dan mnyampaikannya ke otak, ataupun mengantarkan perintah dari otak ke organ tubuh.

Sistem Sekresi

Sistem sekresi terdiri atas ginjal, kandung kemih, ureter, dan uretra. Sistem sekresi berfungsi untuk memuang hasil metabolisme dan juga zat-zat yang tidak terpakai oleh tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sistem organ adalah organ-organ yang bekerja sama melakukan fungsi tertentu pada tubuh organisme. Contoh sistem organ pada manusia adalah sistem pernapasan. Sistem pernapasan adalah sistem organ yang berperan sebagai tempat masuknya oksigen ke dalam tubuh serta keluarnya karbon dioksida dan uap air ke luar tubuh. Organ penyusun sistem pernapasan yaitu hidung, tenggorokan, dan paru-paru. 

Sistem organ adalah sekumpulan organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu pada tubuh organisme. Sistem organ yang menyusun tubuh manusia adalah :

  1. Sistem ekskresi, yang terdiri dari organ ginjal, hepar, paru-paru, dan kulit.
  2. Sistem pernapasan, yang terdiri dari rongga hidung, tenggorokan, dan paru-paru.
  3. Sistem pencernaan, yang terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus.
  4. Sistem saraf, yang terdiri dari otak, sumsum tulang belakang, dan saraf.
  5. Sistem endokrin, tersusun atas hipotalamus dan kelenjar endokrin
  6. Sistem reproduksi, pada wanita terdiri dari vagina, rahim, ovarium, dan tuba falopi. Pada laki-laki, sistem reproduksi tersusun atas organ-organ yang digunakan untuk reproduksi seksual, seperti penis, testis, epididimis, dan vas deferens. 
  7. Sistem indera, terdiri dari mata, telinga, lidah, kulit, dan hidung
  8. Sistem peredaran darah, terdiri dari jantung dan pembuluh darah
  9. Sistem gerak, tersusun atas tulang dan jaringan otot
  10. Sistem imun, yang terdiri dari limpa, kelenjar timus, dan kelenjar getah bening.