Salah satu cara melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah adalah

Merdeka.com - Buruknya kualitas udara di luar rumah yang terjadi pada saat ini membuat kita jadi kerap terpapar kondisi jelek tersebut. Sayangnya bahaya tersebut juga bisa kita alami di rumah jika kerap dalam kondisi terlalu terbuka dan tertutup.

Untuk menghindari buruknya kualitas udara di luar rumah, berlindung di dalam rumah bisa jadi suatu jalan keluar. Sayangnya, kurangnya sirkulasi udara di dalam rumah bisa jadi penyebab buruknya kualitas udara di rumah.

Buruknya kualitas udara di dalam rumah ini bisa berdampak lebih buruk dibanding luar rumah. Pasalnya sejumlah hal bisa menyebabkan meluap dan munculnya racun pada udara di rumah.

Untungnya, hal ini bisa dihindari dengan lebih mudah dibanding dengan polusi udara di luar rumah. Dilansir dari The Health Site, berikut cara efektif dan mudah untuk tingkatkan kualitas udara di dalam rumah.

Sering Buka Jendela dan Beri Tanaman di Dalam Rumah

Sering Buka Jendela

Walau udara di luar rumah cukup buruk, namun tak berarti kamu harus menutup rumah sepenuhnya. Dengan ventilasi udara yang baik, alergen yang ada di dalam rumah bakal tidak bertumpuk. Hal ini bisa membuat kualitas udara lebih baik. Walau begitu, sebaiknya juga jangan buka rumah terus-menerus.

Beri Tanaman di Dalam Rumah

Cara terbaik untuk menghilangkan racun di dalam rumah adalah dengan meletakkan sejumlah tanaman dalam rumah. Sejumlah tanaman memiliki kemampuan untuk menghilangkan ammonia, benzena, dan formaldehida dari udara dalam rumah.

Letakkan Salt Lamp dan Beri Minyak Esensial di Dalam Ruangan

Letakkan Salt Lamp

Lampu ini bisa memproduksi ion yang meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Hal ini ternyata juga dapat menghilangkan iritan udara, patogen, serta alergen dalam ruangan.

Beri Minyak Esensial di Dalam Ruangan

Menurut penelitian yang dipublikasikan ke National Institute of Health (NIH), minyak esensial bisa membunuh bakteri yang berterbangan di dalam rumah. Minyak ini juga bisa membantu menghilangkan virus, jamur, dan cendawan di dalam ruangan.

Bersihkan Filter AC secara Rutin

Filter udara pada AC perlu dibersihkan secara rutin untuk mencegah sejumlah masalah baik kesehatan maupun fungsinya. Terkumpulnya debu di filter AC bisa merusak kualitas udara di rumah serta meningkatkan risiko udara.

Sejumlah cara tersebut bisa membantu meningkatkan kualitas udara yang ada di dalam rumah. Lakukan hal tersebut secara teratur agar kondisi udara di dalam rumah menjadi sehat dan menyenangkan. [RWP]

Untuk menciptakan rumah yang sehat, sirkulasi udara juga harus terjaga dengan baik. Selain untuk kesehatan, sirkulasi udara alami yang lancar juga bisa membuat lebih hemat listrik lho karena Anda tidak perlu lagi menggunakan pendingin ruangan. Elemen penting dalam sirkulasi udara di rumah adalah jendela dan ventilasi. Nah, berikut adalah cara membuat sirkulasi udara dalam rumah menjadi lebih baik dengan cara-cara sederhana. 

8 Cara Membuat Sirkulasi Udara di Rumah Jadi Lebih Baik 

1. Penempatan Pintu dan Jendela 

Untuk yang sedang membangun rumah, hal ini bisa langsung dilakukan. Perhatikan kecenderungan arah angin di lokasi Anda. Posisikan pintu dan jendela agar bisa menangkap aliran angin dengan nyaman dan lancar. Bisa juga dengan menambahkan tanaman di luar rumah untuk membantu menyalurkan angin ke dalam rumah. Fungsi dari tanaman ini juga bisa membantu mengurangi hembusan ketika angin sedang kencang. 

2. Sistem Ventilasi Silang

Seperti diketahui, ventilasi udara menyalurkan angin dari luar ke dalam dan juga sebaliknya. Anda bisa membuat sistem ventilasi silang dimana ada dua ventilasi berhadapan untuk jalur keluar masuknya udara. Satu ventilasi berada di bagian atas ruangan sebagai tempat keluarnya udara panas dari dalam dan satu ventilasi lain berada di sisi yang berlawanan, misalnya posisi lebih rendah sebagai tempat masuknya udara.

3. Memahami Pergerakan Udara 

Udara panas cenderung lebih ringan, sehingga akan bergerak lebih tinggi daripada udara yang lebih dingin. Jadi solusinya bisa dengan membuat bukaan pada bagian atap rumah, misalkan dengan sebuah skylight yang dapat dibuka-tutup. Untuk mendukung pergerakan udara yang lebih maksimal, buatlah bukaan yang berada di area lebih rendah, seperti jendela atau cukup dengan membuka pintu.

4. Langit-Langit Rumah yang Tinggi

Cara membuat sirkulasi udara dalam rumah lebih enak lainnya adalah dengan membuat langit-langit rumah yang tinggi. Tujuannya adalah agar udara dapat bergerak dengan lebih bebas dan tidak terperangkap dalam ruangan. Udara panas akan naik dan keluar melalui lubang ventilasi di bagian atas, kemudian udara sejuk akan masuk melalui jendela secara terus menerus.

5. Hadirkan Ruang Terbuka Hijau

Kualitas udara yang masuk ke dalam rumah sangat bergantung dengan kualitas udara dari luar ruangan. Semakin banyak udara bersih, maka semakin lancar sirkulasi di dalam ruangan dan begitupun sebaliknya. Untuk menambah kualitas udara, Anda bisa menambahkan taman kecil atau beberapa tanaman hijau di sekitar area rumah. 

6. Batasi Paparan Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari dapat mengganggu sirkulasi udara di ruangan. Suhu ruangan yang meningkat di dalam ruangan dapat mengubah udara dingin menjadi udara panas. Hal ini akan menjadi masalah bagi bangunan rumah yang menghadap ke arah utara atau barat karena lebih intens terkena panasnya matahari. Solusinya bisa dengan memasang kanopi pada jendela dan ventilasi sehingga sebagian panas bisa dipantulkan kembali ke udara.

7. Menata Kembali Ruangan

Barang-barang yang terlalu besar bisa membuat sirkulasi udara dalam rumah terhambat. Apalagi jika ada barang yang ditempatkan di depan jendela. Lakukanlah penataan ulang di ruangan agar ventilasi dan jendela tidak ada yang tertutupi. Penataan ulang furnitur juga bisa membuat ruangan memiliki suasana baru lho! 

8. Gunakan Material Antitoksin

Material-material yang mengandung senyawa kimia dapat memengaruhi kelancaran sirkulasi karena secara langsung mempengaruhi kualitas udara di ruangan. Oleh karena itu, gunakanlah cat dan pelapis antitoksin dan perbanyak penggunaan material alami seperti kayu dan bambu.

Rumah dengan sirkulasi udara baik bisa menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan rumah. Ayo mulai lakukan beberapa tips di atas agar rumah Anda semakin nyaman dan

Bagaimana cara melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah?

Simak ulasannya berikut ini. Jika kamar tidur Anda sudah memiliki kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit, Anda memiliki alat yang mudah untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik..
2. Gunakan dua kipas angin. ... .
3. Buat ventilasi silang. ... .
4. Nyalakan AC..

Agar sirkulasi udara di rumah dapat terjaga dengan baik perlu memperbanyak kan?

Anda harus memperhatikan ventilasi agar sirkulasi udara rumah berjalan dengan baik. Sebelum membangun rumah atau membeli rumah, Anda harus benar-benar memperhatikan bagaimana ventilasi yang ada. Setiap ruangan harus mempunyai minimal satu ventilasi.

Bagaimana cara mengatur peredaran udara ventilasi dalam rumah supaya nyaman?

Ini cara mengatur ventilasi dalam rumah!.
Buka jendela agar udara segar bisa masuk. ... .
Hidupkan kipas angin. ... .
Matikan AC sementara. ... .
Pastikan dapur memiliki ventilasi yang sangat baik. ... .
Letakkan kipas angin di kamar mandi..

Sirkulasi udara rumah namanya apa?

Ventilasi alami atau penghawaan alami merupakan proses pertukaran udara di dalam ruangan dengan udara di luar ruangan yang terjadi secara alami.