Perbandingan mobile legend dan aov

PERSAMAAN

1. Gameplay dan Fitur

Via https://1.bp.blogspot.com/-3UoLO5xe8ig/WkN0aRGqYqI/AAAAAAAAAt8/fSgX7eeAcUUH3BFJIEFnSpNXxuhob1G8ACLcBGAs/s1600/Screenshot_2017-12-27-13-24-41-134_com.mobile.legends.png Via Istimewa

Ini dia, nih, alasan utama kenapa fanbase AoV dan ML saling berdebat satu sama lain. Keduanya memang terlihat sama dari segi gameplay. Baik AoV dan ML sama-sama mengadopsi mode 5v5 sebagai mode utama. AoV terlihat lebih unggul dengan adanya mode 3v3 dan 1v1. ML bukannya enggak punya mode ini. Lo bisa mendapatkan mode tersebut lewat pilihan Custom Match yang memungkinkan lo menyesuaikan pertandingan dengan keinginan.

Susunan petanya juga sama. Ada tiga jalur (tengah, atas, bawah) yang masing-masing diisi tiga Turret/Tower. Sedangkan, tiga lane tersebut terdapat hutan yang dihuni sejumlah monster yang siap untuk dibunuh. Monster hutan di kedua game ini punya sistematika yang sedikit berbeda. Pembahasan selengkapnya akan dibahas di poin selanjutnya.

Fitur

Dari fitur sebenarnya tidak begitu berbeda jauh. Hanya saja AoV memiliki game yang lebih stabil dan bahkan 60 FPS nya tidak memakan begitu banyak resources hape kalian. Untuk Mobile Legends 60 FPS HD saja tidak mendukung banyak devices yang kuat.

Tidak hanya itu, terasa bermain Mobile Legends sering ada stuttering, FPS hiccup, dan juga bahkan sampai crash. AoV jarang terjadi hal ini dan bahkan tidak terasa jika ada FPS naik turun walau di fight besar.

Grafik

Grafik AoV menang jauh dari Mobile Legends. ML memiliki grafik yang terlihat setengah-setengah dan hero yang desainnya kurang begitu bagus. Tetapi akhir-akhir ini mereka meningkatkan kualitas hero dan grafik mereka.

AoV terasa lebih baik dengan kualitas skin yang detail. Bahkan skin tier bawah mereka terlihat sangat keren dan bukan hanya sekedar recolor saja. Dibandingkan Mobile Legends, menang jauh AoV.

Kualitas

Berbicara kualitas, seperti diatas AoV menang jauh dengan grafik yang lebih baik. Bahkan di settingan medium saja terasa lebih baik dibandingkan high milik Mobile Legends. Mungkin ini berkat developer AoV yang memang bisa memanfaatkan resources hape kalian.

Dari segala aspek, AoV menang sangat jauh. Hero, skin, dan lainnya didalam game AoV memiliki keunggulan yang jauh. Berkat dukungan dari Tencent dan membawa nama KoG global mungkin jadi alasannya.

Playerbase

Dari playerbase memang Mobile Legends terlihat sangat jauh menagnnya. Apalagi hampir semua rakyat Indonesia memainkan game ini yang mana memiliki populasi besar. Indonesia dan Brazil menyumbang pemain yang sangat banyak.

1. Lebih Terkenal Siapa?

Alasan pertama kenapa para pemain Mobile Legends sering ribut dengan para pemain AOV sendiri biasanya terpicu karena masalah sepele, seperti game siapa sih yang lebih terkenal? Para pemain Mobile Legends sendiri lebih sering membangga-banggakan jumlah unduhan game mereka di Playstore yang hampir menyentuh 100 juta unduhan, dan jumlah pengikut di sosial media mereka yang jauh lebih banyak dari AOV. Namun pemain AOV juga tidak kehabisan akal dalam menyombongkan diri, meskipun dengan total unduhan 5 juta saja, para pemain AOV sendiri datang dari para kalangan artis terkenal, seperti Raditya Dika, Bayu Skak, bahkan para youtber terkenal, hingga memunculkan #orangkecemainAOV, hal itulah yang mendasari para pemain AOV, kalo game mereka lebih terkenal dari ML. Jadi, ukuran terkenal itu apa sih?

Perbandingan AOV (Arena of Valor) VS ML (Mobile Legends)

AOV maupun ML memiliki beberapa perbandingan yang bisa kamu lihat. Sebagai salah satu player game MOBA tentu kamu memiliki standar tersendiri untuk memilih game mana yang kamu sukai. Berikut adalah perbandingan AOV VS ML :

1. Hero

AOV (Arena of Valor) VS ML (Mobile Legends)

AOV memiliki lebih banyak hero di banding ML. Terlebih hal menarik yang AOV sajikan adalah hero yang ia sajikan memiliki ekspresi wajah yang lebih beragam, bahkan dari segi animasinya pun bisa dikatakan bahwa AOV lebih menarik. Meskipun begitu, ML memiliki keunikan desain karakter yang lebih mudah untuk kamu ingat. Hal ini terdengar sederhana namun sangat membantu kamu terlebih bagi kamu yang belum terbiasa atau masih pemain baru, membedakan karakter satu dengan yang lainnya membutuhkan ketelitian lebih. Dalam AOV pun ia selalu melakukan kolaborasi untuk skin-skin heronya dengan Anime atau pun tokoh-tokoh fantasi yang sudah terkenal seperti DC, SAO, dan Ultraman. Sedangkan ML pernah melakukan kolaborasi dengan KOF, sisanya ia menyajikan desain skin unik yang mereka buat sendiri.

2. Perbedaan AOV VS ML Pada Sistem Rank

Keduanya sama-sama memiliki system rank yang sama. Kamu harus memenangkan pertandingan agar bisa mengisi poin EXP hingga penuh. Kemudian kamu baru akan mendapatkan satu bintang, jika kamu memenangkan pertandingan berturut-turut maka poin EXP yang akan kamu dapat pun lebih besar. Namun jika kamu kalah maka kamu akan kehilangan satu bintang.

3. Arcana dan Emblem

AOV (Arena of Valor) VS ML (Mobile Legends)

Dalam hal ini, jika kamu menyukai hal sederhana dan mudah dimengerti maka ML bisa menjadi jalan keluarnya. Tampilan emblem pada ML sangatlah sederhana namun kamu dapat memahaminya dengan cepat. Sedangkan AOV memiliki Arcana yang berperan seperti Emblem dalam ML, tampilan Arcana yang detail akan membuat pandangan mu seolah sulit untuk dimengerti. Keduanya memiliki peran penting dalam pertandingan yang akan kamu jalani.

4. Talents dan Battle Spell

AOV (Arena of Valor) VS ML (Mobile Legends)

Keduanya memiliki variasi yang sama namun hanya nama dan tampilannya saja yang berbeda. Mereka sama-sama menyajikan Talents maupun Spell yang dapat kamu manfaatkan dalam pertandingan nantinya. Dimanapun kamu bermain, kamu masih bisa mengandalkan Talents atau Spell andalanmu.

5. Gameplay dan Fitur AOV VS ML

Sama-sama menyajikan mode permainan 5vs5 yang menjadi sebagai mode utama dalam permainan mereka. Selain itu mereka juga menyediakan 3vs3 dan 1vs1 yang bisa kamu pilih sesuka hati. Dalam system seperti map dan fitur dalam permainan, baik AOV dan ML adalah sama. Mereka menyediakan 3 lane dan hutan beserta monster-monsternya.

6. Grafik

AOV (Arena of Valor) VS ML (Mobile Legends)

AOV lebih unggul dalam hal ini, ia mampu memanjakan mata para pemainnya dengan grafik yang “mulus” dan detail. Sedangkan ML memilih untuk memberikan playernya grafik yang sederhana. Meskipun begitu, dalam AOV kamu akan mengalami sedikit delay ketika menggunakan skill maka dari itu hal ini bisa mengganggu beberapa orang.

7. Perbedaan Role AOV VS ML

Meskipun ML selalu menyajikan fitur yangs ederhana namun ia mampu memberikan tantangan yang lebih menantang di banding AOV. Dalam ML, ia menekankan skill para pemainnya untuk mencapai kemenangan. Kamu bisa saja melakukan 1vs5 dengan mengandalkan skill terkuat mu. Sedangkan dalam AOV, kamu benar-benar harus bekerja sama untuk mendapatkan kemenangan. Dalam ML pun kamu bisa memiliki beberapa role sekaligus dalam pertandingan seperti jika kamu menjadi assassins maka di waktu yang sama kamu juga bisa berperan sebagai jungler.

8. Perbedaan Skin AOV VS ML

AOV (Arena of Valor) VS ML (Mobile Legends)

Berbeda dengan ML, AOV menyajikan skin hanya sebagai sebuah “dekorasi” untuk mempercantik hero mereka. Untuk mendapatkan skin dalam AOV pun kamu harus menggunakan uang sungguhan meskipun begitu, hal inilah membuat skin dalam AOV etrasa lebih elegant dan berbeda terlebih grafik yang disajikan sangatlah detail. Sedangkan dalam ML, kamu bisa mendapatkan sedikit kekuatan tambahan jika menggunakan skin.

9. Monster Hutan

Bagi para jungler ataupun core, peran monster hutan pasti lah sangat penting. AOV memberikan para pemainnya banyak pilihan monster hutan yang bisa kamu manfaatkan untuk memperkuat diri. Berbeda dengan ML, karena itu terkadang player dalam satu tim pun bisa berebutan untuk memperkuat diri dengan saling merebut monster hutan.

Baca Juga :
1. Cara Menyimpan Video Mobile Legends ke Galeri
2. Cara Meningkatkan FPS Ketika Bermain Mobile Legends
3. 7 Aplikasi Agar Main ML Tidak Lag, Ping Dijamin Stabil

Dibanding Mobile Legends, AOV Memang Menang Telak sebagai Gim MOBA Smartphone

ShareTweet

Perdebatan antara dua gim MOBAsmartphone atau yang kerap dipanggil sebagai gim MOBA analog, sudah mulai mereda. Meskipun masih ada saja beberapa orang yang memperdebatkan. Popularitas Mobile Legends, di Indonesia memang sangat besar terlihat dari antusiasnya para pecinta ML mendatangi event tournament sampai mantengin YouTube, guna melihat pemain pro yang melakukan live stream.

Tapi bayang-bayang, ML yang kerap unggul dari AOV mulai memudar, saat diumumkan oleh perwakilan Kemenpora kalau Arena of Valor akan menjadi salah satu gim yang dilombakan pada gelaran Asian Game ke 18th Jakarta-Palembang. Keputusan ini memicu pertanyaan, tentang kenapa tidak Mobile Legends saja yang diperlombakan di festival olahraga terbesar di Asia tersebut? Tapi kalau dibandingkan dari segala sisi secara komprehensif. AOV memang menang jauh dari ML, Bung! Salah satunya adalah soal keseimbangan dalam permainan.

AoV (Arena of Valor)

Apa itu Arena of Valor? Arena of Valor adalah game genre MOBA yang dikembangkan oleh tencent, dirilis oleh Garena, yang memiliki Game LoL dan Point Blank. Dulunya game ini dinamakan Mobile Arena. Perubahan ini merupakan bagian dari perubahan nama global dan Indonesia merupakan negara pertama yang menerapkannya.

Pada bulan Juli 2017, dilaporkan bahwa game AoV memiliki lebih dari 80 juta pemain aktif setiap hari dan 200 juta pemain aktif bulanan. Ini adalah game paling menguntungkan di dunia (paling menonjol) dan aplikasi unduhan gratis yang paling populer saat ini. Baca jugaPilih Mana: Lancelot atau Martis?

Kelebihan AoV

Apa saja kelebihan dari AoV dibanding Mobile Legends?

1. Ringan saat dimainkan
Hal penting yang gamer tidak bisa lupakan dengan Android yang memiliki spesifikasi rendah, dan ingin bermain game HD terbaru dengan baik. Game AoV sangat ringan untuk dimainkan. Dengan Ping stabil di kisaran 70-80 angka, dan hanya 1 GB RAM, Anda bisa mendapatkan maksimal 30 FPS di game ini.

2. Lebih banyak Kompetisi dan Turnamen
Tahun lalu, dikabarkan jika game Arena of Valor mengajak para tetua game Legends dan MOBA untuk acara Gamescom Arena of Valor 2017. Didampingi oleh ESL, ada 11 orang yang merekam legenda game MOBA yang hadir dengan Gamescom AoV tersebut. Mereka akan saling bertarung untuk menghibur para pengunjung. Ini menunjukkan bahwa game AoV ini akan berkembang dan semakin maju dalam hal Turnamen, baik lokal maupun internasional.

3. Grafik Lebih Cantik
Berbicara tentang grafis, AoV memiliki grafis yang sangat bagus dan sangat menyenangkan. Ini akan membuat para pemain bertahan bermain game, karena semua data kuota dan storagenya dipuaskan dengan grafis yang sangat cantik indah.

4. Insentif Terhadap Promosi
Game AoV sangat sering mengadakan promosi, mulai dari media digital, media televisi, hingga media cetak. Sampai spanduk di kota besar juga menggunakan promosi game AoV ini yang berarti perusahaan memang memiliki fokus spesial pada AoV.