Minum obat dengan air kelapa Alodokter

Setelah mengetahui bahwa konsumsi air kelapa baik untuk kesehatan jantung, Anda dapat memasukkan minuman yang satu ini ke dalam daftar menu sehat harian.

Lalu, adakah waktu khusus untuk mengonsumsi air kelapa agar manfaatnya untuk kesehatan jantung bisa diperoleh secara optimal?

Jawabannya adalah tidak ada waktu khusus ‘terbaik’ untuk mengonsumsi air kelapa. Jadi, Anda bisa menikmatinya kapan saja, baik siang ataupun malam hari.

Bahkan, Anda juga bisa mengonsumsi air kelapa di pagi hari walaupun perut masih kosong.

Bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung, jangan khawatir. Air kelapa memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga tidak akan mengganggu pencernaan Anda.

Minum air kelapa di pagi hari dinilai dapat meningkatkan kekebalan tubuh, membantu memulai metabolisme, dan meningkatkan penurunan berat badan.

Kendati manfaat air kelapa sangat mengesankan, terutama untuk kesehatan jantung, konsumsinya tidak boleh berlebihan. Pasalnya, air kelapa memiliki kandungan kalium yang tinggi.

Anda disarankan untuk mengonsumsi air kelapa sebanyak 2-3 cangkir sehari tanpa menambahkan pemanis buatan.

Air kelapa adalah minuman alami yang lezat dan punya banyak khasiat. Manfaat air kelapa untuk kesehatan jantung pun cukup menjanjikan dari beberapa penelitian yang ada. Meski begitu, penelitian tersebut masih terbatas sehingga membutuhkan riset lanjutan.

Agar bisa mendapatkan manfaat air kelapa untuk jantung, tetaplah ikuti aturan minumnya dan jangan sampai dikonsumsi secara berlebihan.

Apabila masih memiliki pertanyaan seputar topik terkait ataupun masalah kesehatan lainnya, konsultasikan kepada dokter melalui fitur Live Chat dari Klikdokter.

Biasanya, air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.

Air kelapa berguna saat Anda terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal.

Bahkan, osmolaritas air kelapa lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare.

Hal ini karena di dalam air kelapa ada kandungan asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak sehingga membuatnya punya osmolaritas tinggi.

Air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino.

Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi akibat gangguan pencernaan.

4. Mencegah penyakit batu ginjal

Minum banyak air sangat baik untuk kesehatan ginjal. Jika air putih cukup mendukung fungsi ginjal, minum air kelapa ternyata lebih bermanfaat.

Perlu Anda ketahui bahwa batu ginjal terbentuk ketika kalsium, asam oksalat, dan komponen lain mengendap menjadi kristal dan terbawa di dalam urine.

Nah, penelitian berjudul Prophylactic Effect of Coconut Water yang dilakukan pada tikus, menunjukkan air kelapa ternyata bisa mencegah kristal menempel pada ginjal dan saluran kemih.

Selain itu, air kelapa mengurangi terbentuknya kristal pada ginjal.

Hal ini terjadi karena air kelapa dapat meminimalisir radikal bebas yang terbentuk akibat tingginya kadar oksalat di dalam urine.

Meski demikian, penelitian terhadap manusia masih perlu dilakukan untuk menguji khasiat air kelapa dalam pencegahan batu ginjal.

5. Mendukung fungsi organ tubuh

tubuh sehat

Kandungan gizi di dalam air kelapa turut memiliki manfaat terhadap kelangsungan kerja organ-organ di dalam tubuh

Terbukti, air kelapa adalah sumber utama dari arginin, yaitu asam amino yang dapat membantu mengatasi stres tubuh saat Anda berolahraga.

Pada dasarnya, asam amino juga membantu pembentukan protein sehingga bermanfaat untuk regenerasi sel-sel pada organ tubuh.

Sementara itu, kandungan enzim yang ada di dalam air kelapa juga membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

Enzim yang bekerja untuk mendukung khasiat air kelapa ini adalah asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan lainnya.

6. Menghalau radikal bebas

Selama proses metabolisme, tubuh juga menghasilkan sel-sel berbahaya seperti radikal bebas. Produksi sel ini bisa meningkat saat tubuh sedang stres atau sakit.

Saat terlalu banyak kandungan radikal bebas, tubuh akan mencapai kondisi stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel sehat.

Peneliti menemukan bahwa antioksidan yang terdapat pada air kelapa berkhasiat untuk meredakan efek stres oksidatif ini sehingga mampu menangkal zat radikal yang berbahaya.

Namun, potensi antioksidan pada air kelapa masih perlu diteliti lebih lanjut karena belum ada penelitian yang menguji potensi ini pada manusia.

TRIBUN-MEDAN.com - Untuk memakan obat dalam bentuk tablet atau pil, kita selalu memakannya dengan meminum air.

Agar memudahkan untuk ditelan, dan kebanyakan dari kita pasti menggunakan air hangat, atau air mineral jika memakan obat.

Tapi, sudah pasti ada juga di antara kita yang memakan obat dengan meminum air, selain dari air mineral, atau air masak, untuk menghilangkan rasa pahit obat tersebut.

Baca: NEWSVIDEO: Ribuan Pencari Kerja Padati Campus Hiring

Dan mungkin ada di antara kita yang pernah menggunakan air kelapa saat memakan obat.

Apakah ini bisa, atau akan mempengaruhi tubuh?

Dilansir Siakapkeli, untuk menjawab pertanyaan tersebut, petugas farmasi, saudara Dziehan Mustapa bagikan penerangan yang cukup padat akan persoalan ini.

Mari kita ikuti penjelasan darinya.

AIR KELAPA DENGAN OBAT-obatan

"Jangan minum air kelapa dengan obat, nanti obat itu tidak efektif"

Pesan yang sering kita dengar terutama dari golongan orang-orang tua kita.

Baca: 83 Pemain Sumut Terjaring Tahap Pertama Seleksi Timnas U-16

Banyak yang bertanya, betulkah minum air kelapa bersama obat-obatan akan mengurangi efektivitas obat itu?

Apakah boleh minum air kelapa saat minum obat?

Apakah boleh minum air kelapa setelah minum obat? Sampai saat ini belum ada laporan atau penelitian ilmiah mengenai interaksi obat dengan air kelapa. Namun dianjurkan untuk minum obat dengan air putih saja karena air putih bersifat netral dan jelas tidak akan menyebabkan interaksi obat.

Berapa jam jarak minum obat dan minum air kelapa?

Oleh karena itu, Tatik pun tak menganjurkan ketika sedang mengonsumsi obat lalu dibarengi dengan minum air kelapa hijau. "Jangan diminum bersamaan, artinya minum obat dengan air putih biasa dulu dan beri jeda sekitar satu jam atau lebih [untuk kemudian bisa konsumsi air kelapa hijau]," ujarnya.

Apa efek samping minum obat dengan air kelapa?

Air kelapa sebaiknya dihindari ketika mengonsumsi obat-obat tertentu untuk menghindari efek lainnya. Misalnya obat tekanan darah rendah. bukan karena dapat menetralkan obat tersebut, melainkan air kelapa secara alami dapat menurunkan tekanan darah orang yang mengonsumsinya.

Bolehkah minum antibiotik dengan air kelapa?

Kebanyakan antibiotik pun tidak masalah dikonsumsi berdekatan dengan air kelapa hijau. Akan tetapi, jika ingin mencegah potensi interaksi negatifnya, tidak ada salahya Anda memberi jeda minimal 1 jam antara konsumsi antibiotik dan air kelapa hijau.