Kerjasama ASEAN dalam bidang pendidikan yang pusat kegiatannya berkedudukan di Filipina

jawaban, menyahut, atau memberi tanggapan....​

Alat yang digunakan untuk memutus dan menyambungkan arus listrik adalah​

perubahan energi yang terjadi saat pengisian aki adalah energi listrik menjadi energi​

Quiznama tarian ini adalah​

Alat yang digunakan sebagai pengaman rangkaian listrik adalaha. sakelarb. sekringc. adaptord. transformator​

generator yang digerakkan turbin menghasil kana. panasb. gerakc. kinetikd. listrik​

Alat yang berfungsi mengubah energi matahari menjadi energi listrik adalaha. panel suryab. generatorc. transformatord. moderator​

presentasikan pertumbuhan penduduk alami​

jelaskan perbedaan alat pernapasan pada belalang dan bunglon​

festival budaya ASEAN 2013 digelar di kota ?​


tsangbayu909 @tsangbayu909

May 2021 1 19 Report

Kerja sama ASEAN dalam bidang pendidikan yang pusat kegiatannya berkedudukan di Filipina adalah


Adndng

Jawaban:

Beasiswa dari ASEAN untuk belajar di berbagai universitas di negara negara ASEAN

Penjelasan:

4 votes Thanks 10

Recommend Questions



manullanganne May 2021 | 0 Replies

jawab dong ...........


ahmadfikrialfatah May 2021 | 0 Replies

upaya yang paling tepat untuk menkondisikan peladang menjadipetani menetap


zahra1198 May 2021 | 0 Replies

sikap yang baik ketika bermain dengan teman misalnya


IlhamLahia123 May 2021 | 0 Replies

kerajaan perlak raja2nya siapa saja?


putriwldrr May 2021 | 0 Replies

bagi perkembangan agama Hindu, Sriwijaya berperan sebagai? a. lahirnya agama hindu b. pengembangan agama hindu didunia c.pembelajaran hindu sebelum belajar ke India d.pendidikan biksu diseluruh dunia


Kesah21 May 2021 | 0 Replies

mengapa pemerintah membangjn profram KB?


indah2286 May 2021 | 0 Replies

[tex] \sqrt{8 + \sqrt{80} } [/tex]


khesyaandr May 2021 | 0 Replies

garis bujur barat dan bujur timur dibatasi oleh


alwieeysk May 2021 | 0 Replies

Apa yang dimaksud dengan valuta asing fisik dan valuta asing nonfisik


rm1778577 May 2021 | 0 Replies

Bagaimana bangsa indonesia memandang keberadaan keberadaan negara negara lain disekitarnya


Jakarta -

Negara-negara ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations bekerja sama dalam berbagai bidang. Salah satu kerja samanya yakni pendidikan.

Dalam Modul Ilmu Pengetahuan Sosial edisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) oleh Tenia Kurniawati, M.Pd dan Andri Setiawan, M.Pd, kerja sama negara-negara ASEAN di bidang pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Asia Tenggara dan meningkatkan daya saing Asia Tenggara pada dunia internasional.

Contoh kerja sama negara ASEAN di bidang pendidikan ini antara lain:

1. Pertemuan guru-guru dari Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Korea Selatan dalam acara ACT (Council of Teacher Convention) di Bali.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

2. Pemberian beasiswa pendidikan, misalnya Indonesia memberikan beasiswa pendidikan dokter, bahasa, dan seni kepada pelajar negara-negara anggota ASEAN.

3. Beasiswa dari ASEAN untuk belajar di berbagai universitas di negara-negara ASEAN.

4. Diadakannya olimpiade regional Asia Tenggara seperti Pertamina menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional.

Itulah kerja sama ASEAN di bidang pendidikan https://www.detik.com/tag/asean. Kerja sama antara negara ASEAN sangat dibutuhkan karena potensi alam dan manusia di setiap negara berbeda-beda.


ASEAN adalah sebuah organisasi asia yang bergerak pada bidang geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN terdiri dari 10 anggota.

Negara-negara ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Laos, Myanmar, Vietnam, dan Kamboja. Timor Leste telah mendaftarkan diri sebagai anggota ASEAN pada tahun 2011. Namun hingga kini keanggotaan masih dalam pembahasan.

(nwy/erd)

Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara) atau lebih populer dengan sebutan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. 



Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.ASEAN dibentuk dengansalah satu tujuannya adalah memajukan pendidikan di kawasan Asia Tenggara dengan meningkatkan kerjasama pendidikan antar aggotanya.Beberapa gerakan nyata yang dilakukan ASEAN dalam menjalin hubungan di bidang pendidikan diantaranya : 1. Dibentuknya The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) tanggal 30 November 1965. Sedangkan kerjasama pendidikan dalam kerangka ASEAN dilakukan oleh ASEAN Committee on Social Development (COSD), yang kemudian diubah menjadi ASEAN Sub-Committee on Education (ASCOE), dan diubah lagi menjadi ASEAN Committee on Education (mempergunakan akronim yang sama: ASCOE) pada sidang ke-9 ASCOE di Vientiane, Laos, 26 – 27 September 2001. 2. Pensinkronisasian standar ijasah antar negara anggota ASEAN.3. Peningkatan ilmu pengetahuan kalangan pemuda ASEAN dalam proses integrasi regional.4. Pembentukan kelompok peneliti antar negara.

5. Pertukaran pelajar antar negara anggota.


6. Peningkatan kualitas sumber daya manusia negara anggota ASEAN agar mampu bersaing baik di tingkat regional maupun internasional.

7. Pembentukan kurikulum sekolah di negara –negara ASEAN yang berprinsipkan demokrasi, berorientasi pada perdamaian, serta menghargai HAM.



8. Pembentukan ASEAN University Network (AUN) yang merupakan jaringan kerjasama antar universitas terkemuka di ASEAN. AUN dibentuk dengan tujuan memajukan sumber daya manusia, khususnya dengan memperkuat jaringan kerjasama antar universitas dan lembaga pendidikan di ASEAN.

9. Penawaran Beasiswa Pendidikan. contohnya Singapura memberikan beasiswa latihan pengolahan jasa pelabuhan udara,kesehatan dan keselamatan kerja industri,komunikasi bahari dan lain². Contoh lain: Indonesia memberikan beasiswa pendidikan kedokteran,bahasa dan seni kepada pelajar negara² anggota ASEAN dan kawasan negara berkembang.

10. Negara-negara ASEAN memanfaatkan beasiswa untuk belajar diberbagai universitas dinegara-negara ASEAN dan Jepang atas biaya yg diberikan oleh ASEAN-Japan Scholarship Fund (Dana Beasiswa ASEAN-Jepang)

Demikian artikel 10 Kerjasama ASEAN di Bidang Pendidikan semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.