Kenapa flash kamera belakang iPhone tidak menyala

Flash iPhone tidak menyala? Segera atasi dengan cara yang tepat. Saat ini pengguna iPhone semakin banyak saja. Selain hadir sebagai ponsel canggih, iPhone juga hadir dengan berbagai fitur modern.

Apalagi saat ini sebagian besar perusahaan smartphone memberikan kelebihan dari berbagai segi, termasuk desain dan fitur canggih. Saat ini kalangan milenial banyak yang memilih ponsel dengan fitur kamera canggih.

Hal ini bukan tanpa alasan. Banyak hal dilakukan dengan berbagi foto bahkan video di media sosial. Anda pun tidak akan salah bila sudah memilih iPhone sebagai ponsel pintar milik Anda.

Salah satu yang ikut berperan penting dalam pengambilan gambar ketika foto dengan smartphone yaitu flash. Flash kamera bagian belakang ini juga membantu Anda berfoto meski dalam kondisi kurang terang.

Flash kamera belakang menjadi solusi yang tepat ketika Anda mengambil kamera pada area gelap. Namun yang namanya komponen, tentu bisa saja mengalami masalah.

Flash pada kamera bisa saja tidak mau menyala sehingga akan minim cahaya. Hal ini juga bisa terjadi pada pengguna smartphone, baik Android atau iOS seperti iPhone.

Saat hardware tersebut mengalami kerusakan, jangan panik. Sebab masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah.

Untuk itu, pastikan Anda tahu dulu apa penyebab flash iPhone tidak menyala. Sehingga ketika hendak mengatasinya, akan jauh lebih tepat.

Baca Juga: Download Video di Google Drive iPhone Langsung ke Galeri

In Dia Penyebab Flash iPhone Tidak Menyala

Saat ini aktivitas foto hingga ambil video sudah sering dilakukan sebagian orang. Bahkan tidak jarang dari mereka yang mencari smartphone dengan kualitas kamera terbaik.

Meski tidak sama dengan kamera DSLR atau mirrorless, sudah banyak ponsel yang hadir dengan spesifikasi mumpuni. Namun ada kalanya bagian smartphone ini mengalami masalah.

Seperti halnya pada iPhone. Terkadang bisa saja terjadi flash kamera tidak menyala. Jika masalah ini Anda alami, bisa mengakibatkan hasil foto yang tidak optimal.

Apalagi jika Anda mengambil foto pada area yang kurang pencahayaan. Tentu tidak akan membuat Anda merasakan kinerja kamera yang optimal. 

Bagi Anda pecinta fotografi, flash kamera belakang menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan. Berikut ini ada penyebab flash kamera tidak menyala, termasuk pada iPhone.

Baca Juga: HP Apple iPhone 14 Akan Hadir Tawarkan Punch-Hole dan Touch ID

Lampu Mati

Ketika flash iPhone tidak menyala, bisa saja karena bagian lampunya mati. Cahaya tidak akan keluar jika lampunya mati. Meski sudah diaktifkan pada setelan kamera, bisa saja hal ini terjadi.

Untuk bisa mencegah masalah tersebut, sebaiknya Anda cek terlebih dulu. Caranya cukup mudah yaitu menyalakan fitur senter yang ada pada smartphone.

Jika flash melalui senter menyala, bisa jadi kondisi flash kamera belakang benar-benar mati. Jika sudah service namun tidak juga menyala, Anda harus ganti lampu flash dengan yang baru.

Tegangan Tidak Ada

Sebenarnya banyak penyebab flash iPhone tidak menyala. Selain lampunya yang dalam kondisi mati, bisa juga karena tegangan tidak ada.

Jika tegangan pada flash kamera tidak ada, maka daya yang sama pun juga terjadi pada bagian flash kamera belakang. Untuk itu, agar bisa memanfaatkannya dengan baik, pastikan tegangan tetap dalam keadaan bagus.

Baca Juga: Senter HP Tidak Menyala, Gunakan Cara Ini untuk Mengatasinya!

Tidak Diaktifkan

Selain berbagai penyebab yang terjadi berpengaruh pada flash kamera iPhone, bisa juga Anda lupa menyalakan fitur tersebut. Meski terbilang remeh, namun banyak orang yang masih sering melupakannya.

Karena itu, agar tidak terjadi hal yang tak disengaja, Anda bisa cek kembali setelan kamera iPhone. Jika kondisinya masih off, tentu Anda harus mengaktifkannya.

Akan tetapi, jika nyala namun tidak berfungsi, maka terjadi kerusakan. Biasanya kerusakan timbul pada hardwarenya.

Karena itu, jangan langsung memutuskan jika ponsel bermasalah ketika masalah ini terjadi. Ada baiknya untuk cek sendiri dan cari tahu penyebabnya.

Sebab setiap masalah yang terjadi tidak hanya dari kondisi hardware saja. Bisa terjadi karena pengaturan yang Anda sendiri lakukan.

iPhone menjadi ponsel dengan fitur kamera mumpuni. Namun jika flash iPhone tidak menyala, maka hasil yang ada kurang optimal. Ada baiknya Anda tahu apa penyebabnya untuk dapat mengatasinya lebih cepat. (R10/HR-Online)

Jika foto Anda buram atau layar kamera hitam, berikut ini tindakan yang dapat dilakukan.

Melepaskan casing, aksesori, atau film, lalu melakukan pengujian

  1. Lepaskan semua casing, aksesori, atau lapisan film yang mungkin menghalangi kamera atau lampu kilat atau yang menempatkan magnet di dekat kamera.
  2. Uji kamera dengan mencoba mengambil foto.
  3. Uji lampu kilat LED:
    1. Coba senter di Pusat Kontrol di iPhone atau Pusat Kontrol di iPad. Di iPhone X atau versi lebih baru atau iPad, gesek ke bawah dari sudut kanan atas layar. Di iPhone 8 atau versi lebih lama, gesek ke atas dari tepi bawah layar apa pun.
    2. Ketuk tombol Senter 
      .

Jika lampu kilat hanya berfungsi sesekali, buka app Kamera dan ketuk tombol lampu kilat 

 untuk memilih pengaturan lain.

Hubungi Dukungan Apple

Jika Anda ingin mencoba sendiri beberapa langkah lain

Jika Anda berkenan, berikut ini beberapa langkah lain yang dapat dicoba sendiri jika kamera tidak berfungsi. Anda mungkin masih perlu menghubungi Dukungan Apple setelah mengikuti langkah-langkah ini. 

  1. Jika foto buram, bersihkan lensa kamera depan dan belakang dengan kain mikrofiber. Jika Anda melihat kotoran atau serpihan di dalam lensa atau jika lensa kamera tampak tidak sejajar atau terhalang, hubungi Dukungan Apple untuk mendiskusikan pilihan servis.
  2. Mulai ulang iPhone, iPad, atau iPod touch. 
  3. Uji lagi kameranya dengan mengambil foto. Jika perangkat dilengkapi kamera depan dan belakang, periksa apakah salah satu atau keduanya tidak berfungsi. Untuk beralih kamera, ketuk tombol rotasi 
    .

Tanggal Dipublikasikan: 26 Juni 2022

Kenapa instagram tidak bisa memakai flash kamera belakang?

Salah satu penyebab flash kamera Instagram kalian tidak menyala adalah karena menumpuknya memori cache pada ponsel yang kalian gunakan. Cache memori sendiri merupakan proses penyimpanan data sementara, dengan begitu aplikasi Instagram tak harus mengunduh data tersebut berkali-kali.

Apa itu kilat LED peringatan?

Kilat LED di sebelah lensa kamera di bagian belakang iPhone atau iPad dapat berkedip saat perangkat terkunci dan ada pemberitahuan yang masuk. Fitur ini dapat berguna bagi siapa saja yang mungkin melewatkan peringatan bersuara.

Apa itu flash di iPhone?

Flash iPhone ini berfungsi untuk mengganti atau mereset iOS kita ke versi lain, entah sama, lebih lama, atau baru.

Kenapa senter tidak bisa digunakan iPhone?

Mengapa Senter iPhone Tidak Menyala? Ada 2 alasan umum mengapa senter di iPhone tidak berfungsi: Adanya kerusakan mekanis pada perangkat, misalnya, karena jatuh. Software error yang disebabkan oleh menginstal firmware beta atau jailbreak.