Jenis teknologi yang dipakai untuk mengubah barang bekas menjadi barang bermanfaat yaitu

29 April 2019

#LiveAwesome

Banyak sampah di rumah? Biasanya sampah rumah tangga dibuang begitu saja ke tempat sampah. Alih-alih membuangnya begitu saja dan menambah beban kerusakan lingkungan, bagaimana kalau kali ini kita coba cara lain, yaitu daur ulang barang bekas sederhana.

Tidak perlu mengubah sampah jadi produk baru dengan cara yang rumit dan makan banyak waktu. Berikut beberapa ide daur ulang barang bekas sederhana yang bisa kamu tiru di rumah.

1. BAJU BEKAS JADI SARUNG BANTAL

Ke mana kamu membuang baju yang tidak lagi terpakai? Baju-baju itu biasanya disalurkan ke orang-orang yang membutuhkan, digunakan sebagai lap dapur, atau terbuang begitu saja di tempat sampah. Daur ulang barang bekas sederhana kali ini bisa kamu praktekkan dengan baju kesayangan, lho.

Kamu bisa mengubah baju dan kain yang tidak digunakan lagi menjadi sarung bantal. Caranya mudah, gunting bagian kain yang masih bagus seluas bantal. Jahit tiga sisinya dengan tangan atau mesin jahit. Setelahnya masukkan bantal dan jahit bagian yang masih terbuka.

2. BAN BEKAS JADI POT BUNGA

Jika sebelumnya ban mobil bekas milikmu ditinggalkan begitu saja di bengkel, sekarang saatnya untuk dibawa pulang dan dikreasikan jadi barang bermanfaat. Daur ulang barang bekas sederhana dengan bahan dasar ban bekas kali ini dijamin bikin rumah kamu kelihatan cantik dan segar!

Caranya mudah. Kamu hanya perlu mengecat ban dengan warna favorit, mengikat salah satu sisinya dan segera gantungkan ban di dinding. Jika sudah, kamu tinggal mengisi ban dengan tanah dan menanam kembang/tanaman. Jangan lupa untuk menyiramnya secara teratur agar tanaman tumbuh sehat ya.

3. BOTOL BEKAS JADI POT BUNGA/TEMPAT ALAT TULIS

Ide daur ulang barang bekas sederhana yang kali ini pasti sudah umum dikenal. Botol plastik bekas minuman kemasan bisa dikreasikan jadi pot bunga atau tempat alat tulis. Untuk pot bunga, kamu tinggal memotong bagian perut botol atau bagian atas botol. Pot bunga dari botol plastik ini nantinya bisa digantung atau diletakkan di bagian rumah yang diinginkan.

Jika kamu ingin membuat tempat alat tulis dari botol plastik bekas, caranya lebih mudah. Hanya perlu memotong botol di bagian tengah, lalu hias bagian botol yang besar dengan cat atau pita. Agar bisa menampung banyak alat tulis, kamu bisa membuat kreasi dari beberapa botol sekaligus dan lalu menempel potongan botol tadi dengan lem serbaguna.

4. KALENG BEKAS JADI CELENGAN/WADAH BUMBU MASAK

Sering membeli bahan makanan dalam wadah kaleng? Kemasan kalengnya bisa dimanfaatkan kembali lho. Daur ulang barang bekas sederhana dari kaleng ini butuh ketelitian khusus karena bagian kaleng yang dipotong cukup tajam dan bisa berbahaya.

Kaleng bekas bisa dijadikan celengan atau wadah bumbu masak. Jika ingin menjadikannya celengan, kamu tinggal membuat tutupnya dari kain atau kardus bekas dan mengikatnya dengan pita warna-warni. Bagian luar kaleng juga bisa dicat agar celengan terlihat lebih menarik. Untuk bumbu masak, boleh dibolongi kecil-kecil dulu bagian bawah kalengnya agar sirkulasi udara di dalam kaleng lancar dan bumbu tidak cepat rusak karena lembab.

5. KARDUS BEKAS JADI RAK SUSUN/MAINAN ANAK

Punya banyak stok kardus yang cukup tebal dan kokoh? Kamu bisa coba menyusunnya jadi rak, lho. Agar kelihatan menarik, bisa lapisi lebih dulu bagian luar kardus dengan kertas warna-warni.

Tidak butuh rak? Ide daur ulang barang bekas sederhana dari kardus lainnya adalah, mainan anak! Saat ini cukup banyak orang yang berbagi cara menggunakan kardus sebagai bahan utama mainan anak seperti mobil-mobilan, dapur-dapuran, hingga kamera! Kamu bisa temukan ide dan cara membuatnya dengan menggunakan hashtag #mainankardus di Instagram.

***

Daur ulang barang bekas sederhana adalah salah satu cara untuk mengurangi jumlah sampah di bumi. Yuk mulai langkah kecil kita sekarang, untuk bumi lebih baik di masa depan.

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna dari Barang Bekas – Jika Anda memiliki barang-barang yang sudah tak terpakai di rumah, jangan langsung membuangnya begitu saja.

Barang bekas tersebut mungkin saja memiliki fungsi yang bahkan lebih baik dari sebelumnya.

Misalnya saja botol bekas minuman, tidak hanya sebagai wadah minuman satu kali pakai, namun botol bekas ini memiliki banyak sekali fungsi lainnya.

Salah satunya bisa menjadi dekorasi yang cantik di rumah. Contoh Alat Teknologi Tepat Guna dari Barang Bekas.

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna dari Barang Bekas tak Terpakai

Sebelum membuang barang-barang bekas yang Anda miliki, sebaiknya coba untuk berpikir inovatif bagaimana caranya agar barang bekas tersebut masih bisa digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat.

Kegiatan mengolah barang bekas menjadi barang yang lebih fungsional ini juga bisa disebut DIY (Do It Yourself).

Dan berikut kami bagikan 7 contoh Teknologi Tepat Guna yang dapat Anda kembangkan sendiri di rumah:

Pot Tanaman

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna dari Barang Bekas

Memanfaatkan botol sebagai pot tanaman sepertinya sudah tidak asing lagi. Pot tanaman ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin berkebun namun tidak memiliki lahan atau halaman yang cukup luas.

Cara pembuatannya pun sangat sederhana dengan menggunakan alat-alat sederhana seperti alat untuk memotong botol, bibit tanaman dan tanah untuk menanamnya, lem juga perlu dipersiapkan jika memang dieprlukan.

Setiap tanaman memiliki karakter yang berbeda. Ada yang membutuhkan banyak sinar matahari, ada yang lebih membutuhkan banyak air, dan karakteristik lainnya.

Dengan menggunakan botol, Anda tidak akan mengalami kesulitan. Misalnya untuk tanaman obat yang membutuhkan banyak sinar matahari, Anda cukup meletakkannya di dekat jendela.

Penyimpanan Koran

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna dari Barang Bekas

Botol bekas yang memiliki ukuran yang cukup besar seperti ukuran untuk 1 liter air, akan sangat cocok dijadikan manjadi media penyimpanan koran.

Dengan menggunakan botol bekas ini, koleksi majalah dan koran Anda akan tertata rapi.

Cara membuatnya pun cukup mudah, cukup dengan menyiapkan alat pemotong untuk botol, media seperti kayu atau apapun untuk menempelkan botol-botol tersebut.

Alat Sapu Rumah

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna dari Barang Bekas

Botol bekas di rumah Anda juga dapat dijadikan sebagai sapu. Alat yang dibutuhkan untuk membuat sapu dari botol bekas ini adalah, beberapa botol ukuran 1 liter, gunting, pali, paku, dan kayu yang akan digunakan sebagai gagangnya.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar diatas. Tentunya, alat ini akan sangat bermanfaat untuk kebersihan di rumah.

Dan pastinya sapu yang dihasilkan dari botol bekas  ini memiliki daya tahan yang cukup lama.

Peredam Suara Ruangan

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna dari Barang Bekas

Botol bekas pun dapat diubah menjadi sebuah teknologi yang sederhana namun sangat bermanfaat, yaitu sebagai peredam suara sebuah ruangan.

Kegiatan ini memang memerlukan banyak botol bekas, Namun mengingat harga botol bekas yang sangat murah, maka tak ada salahnya untuk mencoba.

Jika penyusunan botol-botol bekas ini tepat, maka akan dapat meredam suara bising dengan cukup baik. Contoh Alat Teknologi Tepat Guna dari Barang Bekas.

Vacuum Cleaner

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna dari Barang Bekas

Botol bekas yang memiliki ukuran besar dapat dimanfaatkan menjadi sebuah vacum cleaner.

Untuk membuatnya cukup mudah jika Anda sudah terbiasa dengan melakukan eksperimen teknologi sederhana. Langsung saja simak videonya berikut ini :

https://banyuwangi.merdeka.com/video/info-banyuwangi/video-tips-mudah-bikin-vacum-cleaner-sendiri-dari-botol-bekas-160414i.html

Alat Pemipil Jagung

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna dari Barang Bekas

Teknologi sederhana ini bukan berasal dari botol bekas, melainkan kaleng bekas.

Kaleng bekas susu kental manis dapat Anda ubah menjadi alat pemipil jagung yang sederhana dan mudah dibuat.

Seperti yang anda lihat digambar, anda tinggal membentuk kaleng bekas seperti diatas, kemudian masukkan jagung yang akan dipipil.

Yang tangan kanan memegang jagung sambil memutarnya, kemudian tangan kiri memegang alat pemipil diatas. Mudah bukan?

Tempat untuk mengecas baterai ponsel

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna dari Barang Bekas

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna dari Barang Bekas

Andaikan kamu menjumpai plastik bekas dari botol atau plastik ynag terdapat di toilet, janganlah tergesa-gesa mau membuangnya begitu saja.

Tentunya kamu akan mudah untuk membuat kerajinan dari barang bekas yang unik dan terdapat nilai jual hanya dengan menyediakan berbagai alat sederhana dan bahan yang mudah ditemui di lingkungan terdekat rumah kamu.

Hasil kerajinan yang telah dibentuk bisa dipakai sendiri atau ditawarkan kepada orang lain yang membutuhkannya. Ya, diantara satu kerajinan yang mampu diciptakan dari botol plastik bekas karbol adalah tempat cas HP yang simpel tetapi sangat membantu. Dengan hanya melihat gambar di atas kamu pasti mampu membuatnya.

Tempat Lampu Dari Botol Bekas

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

Pesawat Dari Botol Bekas

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

Ternyata botol minuman ringan bisa dijadikan menjadi sebuah bentuk pesawat yang keren dan unik. Botol botol tersebut ditempelkan satu sama lain dengan menggunakan lem.

Sandal dari Botol Bekas

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

Dompet Unik Dari Botol Bekas

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

Perahu Dari Botol Bekas

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

Ada-ada saja tingkah yang dilakukan oleh orang zaman sekarang. Yang biasanya botol diubah jadi kerajinan lain yang agak normal, namun yang ini tidak bahkan terbilang antimainstream. Kayaknya kamu yang belum pernah merasakan bagaimana asyiknya naik kapal atau perahu bisa untuk mencoba kerajinan tangan yang satu ini.

Kursi Dari Tutup Botol

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

memang selain kerajinan tangan yang kita bahas sebelumnya, dengan berbagai bentuknya yang unik, nyatanya tutup botol bisa dipakai dan diubah menjadi salah satu barang kerajinan yang memiliki nilai jual. Salah satunya adalah kursi dari tutup botol ini.

Miniatur Rumah Mini Bagi Rumah Kucing

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

Kamu dapat memanfaatkan kardus bekas kamu untuk dijadikan jadi miniatur rumah mini dan bisa digunakan sebagai kandang kucing yang kamu pelihara.

Dengan membuat rumah mini yang nyaman dan unik ini pastimau menghasilkan kucing kesayangan kamu nyaman tinggal di tempat tinggalnya. Lihatlah kucing peliharaan kamu pasti akan merasa nyaman dan senang di dalam kandang yang telah kamu hasilkan.

Lampu Gantung Unik dari Kardus usang

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

Faktanya dengan kardus bekas kamu dapat menghasilkan satu buah hiasan sebuah lampu gantung eksklusif. Bagaimana kira-kira kamu berminat dengan lampu gantung hias itu kamu bisa membaca cara membuatnya di artikel saya yang lain.

Laptop Stand dari Kardus bekas

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

Dibanding kardus usang bungkus kamu tergeletak begitu saja dan hanya memenuhi gudang rumah kamu, mendingan pakai kardus tersebut sebagai stand laptop supaya makin meringankan kamu dalam mengerjakan semua pekerjaan yang sedang diselesaikan.

Dengan memakai bahan kardus yang gak terlalu banyak kamu sudah bisa membuat stand laptop. Dengan memakai stand ini tentunyaakan menolong kondisi laptop kamu tatap baik, selain juga itu juga bisa membantu pendinginan baterai supaya tidak cepat panas.

Hal tersebut dikarenakan karena sirkulasi udara berjalan dengan baik. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk membuatnya?

Lampu Belajar dari Kardus bekas

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

Kardus bekas pun ternyata bisa dijadikan sebuah lampu belajar yang keren dan kreatif. Untuk menghasilkan lampu ini memang gak tidak mampu dibuatnya dengan tangan biasanya, untuk tampilannya saja biasanya dibentuk dengan menggunakan software CAD 123D. Untuk metode membuatnya.

Kamera Dari Kardus Bekas

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

Rumah Burung Dari Kardus

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

Tempat Makan Kucing dari Botol Bekas

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

Tempat Lilin dari Botol Bekas

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

Penyerut Pensil dari Botol Bekas

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

Penyaring Kuning Telur Dari Kaleng Bekas

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

Pengiris Wortel dari Kaleng Bekas

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

Pemipil Jagung Dari Kaleng Bekas

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna

Bagaimana, tidak sulit bukan membuat beragam teknologi tepat guna dari botol bekas diatas? Selamat mencoba.

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna dari Barang Bekas, Contoh Alat Teknologi Tepat Guna dari Barang Bekas,