Cara mengatasi facebook kena blokir

KOMPAS.com - Apabila pengguna Facebook merasa terganggu dengan beberapa akun yang berteman dengan mereka, pengguna tersebut bisa menggunakan fitur Block untuk memblokir akun yang bersangkutan.

Aksi pemblokiran biasanya juga dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari akun Facebook yang tidak dikenal. Dengan demikian, akun yang diblok tersebut tidak bisa mengintip profil atau mengirim pesan kepada pengguna Facebook yang merasa terganggu itu.

Baca juga: Baca juga: Apa Itu Unfriend, Unfollow, Block, dan Snooze di Facebook Beserta Cara Pakainya

Setelah memblokir orang lain, pengguna juga bisa membatalkan pemblokiran untuk kembali berinteraksi dengan orang tersebut. Lantas, bagaimana caranya? Simak langkah-langkah di bawah ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Senin, (6/9/2021).

Facebook (FB) sampai sekarang masih jadi salah satu jejaring atau media sosial paling populer dan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Sayangnya, dengan jumlah pengguna yang banyak, tidak semua pengguna Facebook layak untuk diikuti. Beberapa akun rasanya pantas sekali untuk diblok.

Untungnya, FB punya fitur Blokir. Memblokir seseorang sangat cocok bagi kamu yang tidak ingin di-stalking orang tidak dikenal.

Ada dua cara memblokir seseorang di FB, yaitu dengan Menu dan Profil.

Cara Blokir FB Seseorang dengan Menu

Berikut cara memblokir seseorang di Facebook melalui Menu:

  1. Klik tanda panah ke bawah atau Account yang ada di kanan atas Facebook.

  2. Pilih Pengaturan & Privasi > Pengaturan > Pemblokiran.

  1. Masukkan nama profil di bagian Blokir pengguna > Blokir.

Sumber foto: Tangkapan Layar

Cara Blokir FB Seseorang dengan Profil

Berikut cara memblokir seseorang di Facebook melalui Profil:

  1. Buka Profil orang yang ingin kalian blokir.

  2. Pilih tanda titik tiga yang ada di bawah nama pengguna.

Sumber foto: Tangkapan Layar
  1. Pilih Blokir > Blokir.

Sumber foto: Tangkapan Layar

Cara Membuka Blokiran di Facebook

Kepopuleran media sosial ini membuat banyak orang mencari cara membuat akun Facebook baru. Sayangnya, jika kamu terjebak dalam pertemanan teman-teman FB yang toxic, nggak ada cara lain selain memblokir akun mereka.

Ketika kita memblokir akun di Facebook, mereka yang kita blokir gak akan bisa mengakses dan melihat akun Facebook kita. Begitu pun sebaliknya, kita juga gak bisa melihat aktivitas akun mereka.

Mekanisme blokir ini diberlakukan oleh pihak pengelola Facebook untuk membuat semua interaksi di Facebook terasa lebih nyaman dan kondusif bagi para penggunanya.

Nah, bagaimana cara membuka blokir FB elalui desktop maupun smartphone Android? Berikut Jaka ulas secara lengkap di sini!

Cara Membuka Blokir FB di Desktop

Cara pertama cocok buat kamu yang sering mengakses atau bahkan men-download video di Facebook menggunakan perangkat PC atau laptop. Kamu bisa membuka blokir Facebook melalui desktop dengan mudah.

Ada beberapa langkah yang harus kamu ikuti dalam rangkaian cara membuka blokir Facebook orang yang memblokir kita ini.

Meskipun agak panjang dan berurutan, cara yang akan Jaka bahas kali ini tidak sulit untuk dilakukan, geng. Caranya? Cukup ikuti langkah demi langkah di bawah ini.

  1. Buka Facebook menggunakan PC maupun laptop.

  2. Klik ikon panah di Beranda > Pengaturan dan Privasi.

  3. Pilih menu Pengaturan > Pemblokiran

  4. Di bagian Kelola Pemblokiran, klik Unblock pada nama target.

Sumber foto: Tangkapan Layar
  1. Pilih nama teman > Unblock > Konfirmasi.

Dengan begini teman yang tadinya kamu block sudah tidak lagi masuk blacklist, dan kamu bisa berinteraksi dengan mereka lagi seperti sedia kala.

Cara Membuka Blokir FB di Android

Selain menggunakan PC atau laptop, kamu juga bisa menerapkan cara membuka blokir FB menggunakan smartphone atau perangkat Android milikmu.

Nggak perlu berlama-lama lagi, berikut ini langkah demi langkah yang harus kamu lakukan untuk bisa membuka blokir akun Facebook temanmu.

  1. Buka aplikasi Facebook, pilih ikon tiga garis.

  2. Buka menu Settings > Settings & Privacy > Settings.

Sumber foto: Tangkapan Layar
  1. Pilih menu Blocking.

  2. Pilih akun orang lain tersebut pada Blocked People > Unblock.

Sumber foto: Tangkapan Layar

Perlu diingat bahwa saat membuka blokir seseorang, kamu tidak akan otomatis berteman lagi dengan orang itu. Jadi, jika kamu memblokir seorang teman, lalu membuka blokirnya, kamu perlu mengiriminya permintaan pertemanan baru.

Tenang saja, orang itu tidak akan diberi tahu jika kamu telah memblokirnya.

Cara Membuka Blokir Facebook Orang yang Memblokir Kita

Sumber foto: 800emailsupport

"FB saya diblokir teman sendiri, bagaimana cara membukanya?" Mungkin pertanyaan ini kamu ajukan karena merasa gelisah dan penasaran dengan sikap teman-temanmu yang menutup akses pertemanan di FB.

Kira-kira, gimana sih cara membuka blokir FB teman yang memblokir kita di Facebook? Sampai saat ini nggak ada cara yang efektif selain mengomunikasikannya dengan temanmu secara langsung.

Jaka juga tidak menganjurkan kamu ngehack atau membobol akun temanmu sendiri.

Jika kamu nggak tahan dengan pertemanan toxic di FB, kamu bisa memilih panduan untuk menghapus akun Facebook. Kesehatan mentalmu lebih penting, geng!

Akhir Kata

Itulah cara membuka FB yang diblokir dengan dua metode yang mudah dan praktis, lengkap dengan pembahasan cara membuka blokir Facebook orang yang memblokir kita. Meskipun agak berbeda, dua cara ini sama-sama mudah untuk dilakukan.

Kini, kamu bisa kembali terhubung dengan teman, saudara, mantan atau gebetan yang pernah kamu blokir di Facebook sebelumnya, tapi jangan terlalu sering nge-blok orang juga ya, geng.

Bagaimana cara membuka Facebook yang sudah di blokir?

Pengalaman browser seluler klasik Gulir turun ke Pemirsa dan Visibilitas, lalu ketuk Pemblokiran. Ketuk Buka blokir di samping profil yang ingin dibuka blokirnya. Ketuk Buka blokir untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin membuka blokir profil itu.

Kenapa Facebook saya diblokir oleh pihak Facebook?

Penyebab akun Facebook diblokir ini antara lain karena kamu nggak menggunakan nama asli (misal benda, kata sifat, kata kerja, dsb), terlalu banyak mengikuti Grup Facebook, terlalu banyak menambahkan teman dalam satu hari, data identitas sekolah dan organisasi yang diragukan kebenarannya.

Apakah akun FB yang dinonaktifkan oleh pihak fb bisa diaktifkan kembali?

Ingat bahwa dalam beberapa kasus, kami mungkin tidak memberikan peringatan sebelum menonaktifkan akun Anda. Kami juga tidak bisa memulihkan akun yang dinonaktifkan karena pelanggaran keras.

Berapa lama proses peninjauan akun Facebook?

Setelah menyelesaikan pemeriksaan keamanan, Anda harus menunggu 24 jam untuk login ke akun Facebook Anda. Selama masa tunggu tersebut, akun Anda akan tetap bisa dilihat oleh teman Anda di Facebook, tetapi Anda tidak akan bisa mengaksesnya.