Berikut yang bukan termasuk dalam unsur-unsur pembentukan gerak pada pencak silat adalah

Akses instan ke jawaban di aplikasi kami

Dan jutaan jawaban atas pertanyaan lain tanpa iklan

Lebih pintar, unduh sekarang!

atau

Lihat beberapa iklan dan buka blokir jawabannya di situs

tirto.id - Pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia. Walaupun demikian, pencak silat juga berkembang di negara-negara lain, terutama yang termasuk rumpun Melayu. Karena itu, pencak silat sejak selama populer di sejumlah negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Filipina, Vietnam, Myanmar, dan Thailand.

Merujuk buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas X [2021] terbitan Kemendikbud, istilah pencak silat berasal dari pencak, yakni seni gerak yang berkembang di Jawa, dan silat, bela diri yang populer di Sumatra, Malaya, dan Kalimantan.

Kata pencak merujuk pada gerak dasar bela diri yang terikat pada sejumlah peraturan. Peraturan tersebut menjadi acuan dalam belajar, latihan, dan melakukan pertunjukan.

Sementara itu, silat merupakan gerak bela diri sempurna. Gerak silat didasarkan pada kerohanian yang suci dan murni. Silat bermanfaat bagi keselamatan, kesejahteraan, dan menghindarkan diri dari kejahatan.

Kelestarian pencak silat masih tetap terjaga meski tradisi belada diri ini sudah muncul di nusantara sejak berabad-abad silam. Hal ini karena pencak silat diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi.

Baca juga:

  • Apa Itu Sikap Rimau, Gerakan Khusus Pencak Silat dengan Merangkak?
  • Apa Saja Teknik Dasar Pencak Silat: Kuda-Kuda hingga Tangkis

Bahkan, pencak silat telah ada sejak zaman prasejarah berupa gerakan yang terinspirasi dari gerak binatang. Kala itu, pencak silat digunakan sebagai cara bertarung oleh suku asli yang terdapat di Asia Tenggara.

Selanjutnya, pencak silat dikembangkan oleh rumpun Melayu. Gerak yang dihasilkan bersifat spontan dan intuitif. Pencak silat kemudian terus berkembang hingga muncul sistem baku dalam seni bela diri ini, pada sekitar Abad 7 Masehi.

Saat ini, pencak silat tidak hanya berkembang di Asia Tenggara, tetapi juga telah dikenal di seluruh dunia. Banyak tempat latihan pencak silat bermunculan di negara-negara Asia hingga Eropa.

Pencak silat telah mendunia setidaknya sejak tahun 1980-an, ditandai dengan kelahiran The International Pencak Silat Federation atau Persekutuan Pencak Silat Internasional [Persilat]. Organisasi Persilat didirikan oleh Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.

4 Unsur dalam Pencak Silat dan Penjelasannya

Pencak silat bisa merujuk ke berbagai pengertian karena ia mengandung sejumlah unsur yang tidak terbatas pada olahraga. Dilihat dari satu sisi, pencak silat memang bisa diartikan sebagai permainan atau olahraga yang berupa gerakan mempertahankan diri dengan cara menangkis maupun menyerang, sembari memakai atau tanpa senjata.

Pencak silat juga merupakan seni beladiri, sehingga di dalamnya terdapat sejumlah aspek keindahan dalam rupa gerak maupun tindakan. Di sisi lain, pencak silat pun mengandung unsur keluhuran budi dan akal manusia yang lahir dari proses perenungan, pembelajaran, dan pengamatan.

Adapun menurut Ikatan Pencak Silat Indonesia [IPSI], terdapat 4 unsur utama dalam pencak silat, yakni sebagai berikut:

1. Unsur seni

Unsur seni dalam pencak silat termasuk aspek yang sangat penting. Hal ini karena unsur seni, yang digambarkan melalui gerak dan irama dalam pencak silat, harus dilakukan secara seimbang, selaras, dan serasi.

2. Unsur olahraga

Dalam pencak silat, tubuh diharuskan untuk bergerak melalui pertandingan dan demonstrasi atas beragam jurus yang ada. Gerak tubuh tersebut berdampak positif pada kebugaran dan ketangkasan. Adanya gerak merupakan petunjuk bahwa pencak silat mengandung unsur olahraga.

3. Unsur bela diri

Dengan menguasai gerak pencak silat, naluri dan kemampuan dalam mempertahankan diri semakin kuat. Hal ini karena seseorang yang menguasai pencak silat memiliki taktik dan teknik yang efektif untuk dapat bertahan dari berbagai serangan fisik yang berbahaya. Selain bertahan, orang yang menguasai pencak silat juga bisa melakukan serangan fisik dengan dampak fatal pada sasaran.

4. Unsur olah batin

Pencak silat bisa membangun dan mengembangkan sikap maupun kepribadian luhur. Seseorang yang menguasai pencak silat dituntut menghayati nilai dan norma adat istiadat yang berlaku di kalangan pendekar. Dengan begitu, penguasaan pada gerak bela diri pencak silat diimbangi dengan penerapan etika dan budi luhur.

Ciri-ciri Pencak Silat Berdasarkan Gerakan Dasarnya

Dalam pencak silat, terdapat 4 teknik dasar yang meliputi pembentukan sikap, pembentukan gerak, pembelaan, dan serangan. Gerak dasar itu mencerminkan sejumlah ciri khas yang dimiliki pencak silat.

Tatang Muhtar dalam buku Pencak Silat [2020: 11] membagi ciri-ciri pencak silat dalam dua kategori, yakni secara umum dan khusus. Rinciannya adalah sebagai berikut.

a. Ciri umum pencak silat

  • Pencak silat menggunakan seluruh anggota badan.
  • Tidak menggunakan senjata khusus, seluruh alat dapat dijadikan sebagai senjata.
  • Pencak silat muncul dan berkembang sesuai dengan alam sekitar; adat istiadat; sopan santun; watak dan kepribadian suku bangsa; agama atau kepercayaan dan kebatinan.

b. Ciri khusus pencak silat

  • Sikap tenang, relaks, dan waspada.
  • Pencak silat tidak hanya mengandalkan kekuatan dan tenaga, tapi juga kelincahan, kelenturan, kecepatan, ketepatan, dan gerak refleks untuk mengatasi lawan.
  • Pencak silat memuat prinsip “timbang badan", yakni permainan posisi dengan tumpuan yang stabil untuk menjaga keseimbangan.
  • Pencak silat memuat prinsip memanfaatkan serangan dan tenaga lawan.
  • Pencak silat memuat prinsip mengeluarkan tenaga sesedikit mungkin dan menyimpan tenaga sebanyak mungkin.

Baca juga artikel terkait PENCAK SILAT atau tulisan menarik lainnya Fatimatuzzahro
[tirto.id - zhr/add]

Penulis: Fatimatuzzahro Editor: Addi M Idhom Kontributor: Fatimatuzzahro

Subscribe for updates Unsubscribe from updates

Jawablah pertanyaan dibawah ini!!​

Isilah soal2 berikut ini!!​

Secara prinsip, pada saat melakukan langkah keseimbangan gerakan kaki?​

6.posisi badan yg benar saat melakukan gerak langkah kaki rapat adalah​

kandungan dalam deodoran yang berperan aktif menjaga tubuh dari keringat pada saat cuaca panas disebut​

Q.....gampang kok ini Jelaskan pengertian passing....dan thanks buat yang udah followthanks udah 40 follower ​

kak tolong bantu jawab ​

bagaimana cara memberikan umpan yang baik agar dapat di smash dengan kencang dalam bola voli?​

menolak narkoba merupakan usaha pencegahan terhadap ​

prinsip dalam senam irama, yaitu a.gerakan seirama dengan teman kelompoknya b.irama musik sebagai satu satunya pengiring gerakan c.perpanduan antara g … erak dan irama sehingga menghasilkan gerakan yang indah d.tepukan tangan yang berirama tidak bisa dijadikan sebagai pengiring gerakan​

Video yang berhubungan

apa manfaat melakukan gerakan akhir dalam lempar cakram?​

Sebutkan perairan disekitar wilayah Asean​

Dimanakah tempat tujuan penempatan kok yang dipukulayoo kakak bantuuuuuuu mau tak kumpulin besok ​

Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam dan balik badan merupakan. A. Manipulatif dan lokomotor B. Manipulatif dan non lokomotor C. Lokomotor dan … lokomotor D. Non lokomotor dan non manipulatif.

Variasi pukulan backhand tanpa net pada permainan bulutangkis.

Pada saat Dimanakah kita melakukan gerak dasar jalan?.

pada permainan sepak bola variasi melompat dan kombinasi menangkap bola dilakukan oleh A. Semua pemain B. pemain penyerang c. pemain cadangan D.penjag … a gawang.

Berikan contoh lain dari kombinasi gerak tersebut! No Contoh Kombinasi Gerak 1. melompat, mengayunkan lengan, dan memukul kok Tujuan Kombinasi gerak u … ntuk mengarahkan kok kepada lawan dengan pukulan keras dan tajam Sampaikan hasilnya di depan guru dan teman-temanmu!​

Apa yang bisa kita lakukan guna mempercepat lari ? Bagaimana cara berlari yang baik ?​

Cara Letakan pundak dimatras Sambil menekuk kedua tanggan.