Apa saja tujuan penulis disampaikan yang tertuang dalam surat di atas

tirto.id - Surat resmi adalah surat yang dipakai untuk urusan kerja atau instansi. Surat sendiri sering dipakai untuk berbagai kebutuhan, baik personal maupun urusan pekerjaan yang berkaitan dengan instansi.

Surat resmi merupakan surat yang dikeluarkan oleh perseorangan, organisasi, maupun instansi tertentu, yang sifatnya formal dan berkepentingan resmi. Biasanya surat ini menyangkut kepentingan tugas dan kegiatan dinas instansi yang bersangkutan.

Perbedaan Surat Resmi dengan Tidak Resmi

Selain itu, terdapat perbedaan mendasar antara surat resmi dengan surat tidak resmi, yakni penggunaan bahasa dan penulisan. Surat resmi memakai bahasa yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dengan beberapa ketentuan penulisan.

Berikut beberapa fungsi, jenis, komponen penulisan surat resmi sebagaimana dilansir dari karya ilmiah Syafiq Hakim Noor yang berjudul "PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES"

Fungsi Surat Resmi

  • Surat resmi atau surat dinas sebagai bukti tertulis hitam di atas putih, terutama dalam surat-surat perjanjian.
  • Surat resmi atau surat dinas sebagai alat pengingat, karena surat dapat diarsipkan dan dapat dilihat lagi jika diperlukan.
  • Surat resmi atau surat dinas sebagai bukti sejarah, seperti pada surat–surat tentang perubahan dan perkembangan suatu instansi.
  • Surat resmi atau surat dinas sebagai pedoman kerja, seperti surat putusan atau surat instruksi.
  • Surat resmi atau surat dinas sebagai duta atau wakil penulis untuk berhadapan dengan lawan bicaranya.

Jenis Surat Resmi

Oleh karena itu, isi surat merupakan gambaran mentalitas pengirimnya bahwa berdasarkan tujuannya, penulisan surat resmi atau surat dinas dapat digolongkan sebagai berikut.

  • Surat pemberitahuan
  • Surat perintah
  • Surat permintaan atau permohonan
  • Surat peringatan dan teguran
  • Surat susulan
  • Surat panggilan
  • Surat pengantar
  • Surat keputusan
  • Surat perjanjian
  • Surat penawaran, pesanan, dan sebagainya.

Cara Membuat Surat Resmi

Berikut tata cara dan langkah-langkah dalam membuat surat resmi:

1. Kepala Surat Atau Kop Surat

Kop surat merupakan identitas pertama yang dilihat oleh penerima surat. Kop surat ini memiliki fungsi sebagai media promosi, mengetahui alamat dan nama instansi, memberikan informasi tentang jenis kegiatan dan/atau bidang usaha.

2. Nomor Surat

Penomoran surat pada surat resmi bertujuan untuk memudahkan instansi dalam pengarsipan atau penyimpanan data kapan terakhir pembuatan dan pengeluaran surat. Nomor surat berisi nomor urut, bulan, dan tahun pembuatan/pengeluaran surat. Letak nomor surat biasanya di bawah kop surat di sebelah kiri.

Sama halnya dengan kop surat, nomor surat memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Memudahkan pencarian kalau surat dibutuhkan.
  • Memudahkan penyimpanan administratif.
  • Membantu dalam pengelompokan surat sesuai dengan jenis isi surat tersebut.
  • Memudahkan pengontrolan frekuensi pengiriman surat.

Saat Anda membuat nomor surat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

  • Bulan dan tahun pembuatan surat
  • Kode tujuan surat, contoh UR (Undangan Rapat)
  • Kode kedudukan surat, contoh KEI = Surat Keluar
  • Nomor surat yang dikeluarkan harus sesuai dengan urutan surat, dihitung mulai nomor akhir pembuatan surat.

Contoh:

  • Nomor: 017/UR/II2018
  • 017: Menunjukkan surat ke -17
  • SPK: Undangan Rapat
  • II: Dibuat pada bulan ke-3 (Maret)
  • 2018: Dibuat pada tahun 201

Untuk Lampiran disertakan kalau ada, tetapi kalau tidak ada cukup diberi tanda (-).

3. Tanggal Penulisan Surat

Tanggal penulisan surat berfungsi untuk mengetahui kapan surat tersebut di buat. Dengan adanya tanggal penulisan, maka akan diketahui masa berlakunya surat tersebut. Oleh karenanya, tanggal penulisan surat adalah komponen yang sangat penting didalam penulisan sebuah surat resmi.

4. Lampiran

Lampiran merupakan dokumen yang ikut dilampirkan dalam pembuatan surat resmi oleh suatu instansi maupun perseorangan. Lampiran memiliki fungsi untuk menunjukkan jika ada dokumen penting sebagai penunjang surat tersebut. Contoh:

  • No: –
  • Lamp: 3 Lembar
  • Perihal: –

Hal ini menunjukkan jika surat itu menyertakan 3 lembar dokumen di dalam surat tersebut.

5. Perihal

Perihal dalam surat resmi merupakan hal pokok yang merupakan tujuan utama dalam surat tersebut. Dengan demikian penerima dapat segera mengetahui tujuan pengirim mengirimkan surat resmi tersebut.

6. Alamat Tujuan

Hal terpenting di dalam dalam sebuah surat adalah kepada siapa surat itu ditujukan. Oleh sebab itu alamat surat menjadi hal jangan sampai salah kata atau salah tujuan. Penulisan alamat dilakukan sebanyak dua kali, yang pertama pada amplop surat dan yang kedua pada isi surat itu sendiri. Untuk isi surat alamat tidak harus ditulis lengkap sebab sudah ditulis di dalam amplop.

7. Salam Pembuka

Salam pembuka juga merupakan komponen penting dalam sebuah surat resmi. Hal ini dikarenakan salam pembuka berfungsi sebagai pembuka sebelum sampai ke inti atau pokok isi surat. Contoh kata kata salam pembuka seperti Assalamualaikum, Dengan Hormat, Salam Sejahtera dan lain sebagainya.

8. Isi Surat

Isi surat adalah komponen utama dari sebuah surat, di mana pokok-pokok atau inti yang sedang dibahas tertuang di dalam isi surat. Di dalam sebuah surat terdapat bagian-bagian seperti karangan yang lainnya, yaitu bagian pembuka, bagian inti, dan bagian penutup.

Tujuan dari bagian pembuka ini adalah sebagai pengantar untuk pembaca sebelum mengetahui inti surat. Di dalam pembuka juga berisi inti masalah yang akan disampaikan kepada penerima surat.

Inti. Merupakan komponen pokok inti isi surat ada pada sebuah surat. Bagian ini berisi bagian utama yang akan disampaikan kepada pengirim.

Pada bagian penutup, berisi tentang penegasan, simpulan, ucapan terima kasih. Dengan demikian, bagian penutup menandai jika uraian pokok yang akan disampaikan melalui surat sudah berakhir. Penulisan penutup pada surat resmi sebaiknya singkat namun tegas.

9. Salam Penutup

Salam penutup berisi kata-kata penutup yang umumnya digunakan untuk menambahkan kesantunan di dalam berkomunikasi. Meskipun salam penutup ini baik jika digunakan dalam sebuah surat, namun bukan berarti semua surat wajib menggunakan salam penutup. Salam penutup hanya digunakan dalam surat resmi yang contohnya seperti pada surat-surat berita.

10. Tanda Tangan dan Nama Penanggung Jawab

Pada surat resmi salah satu komponen yang disertakan yaitu nama penanggung jawab dan tanda tangan.

Nama penanggung jawab adalah penanda jika nama tersebut yang bertanggung jawab dan dikuatkan dengan tanda tangan. Penanda tangan dalam surat harus sesuai dengan nama orang yang tercantum pada surat tersebut.

11. Tembusan

Tembusan digunakan ketika jika terdapat pihak yang di anggap perlu mengetahui isi surat itu.

Baca juga: Bagaimana Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik?

Baca juga artikel terkait KOP SURAT atau tulisan menarik lainnya Sarah Rahma Agustin
(tirto.id - sra/adr)


Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Yandri Daniel Damaledo
Kontributor: Sarah Rahma Agustin

Subscribe for updates Unsubscribe from updates

Selanjutnya, baca juga secara cermat contoh surat di bawah ini!Teks 2: Surat Resmi OSIS SMP NEGERI 12 MALANG Jalan S. Supriadi 49 Malang Telepon 0341 801169 Kode Pos 65148Nomor : 032/OSIS/U/X/2020Lampiran : -Hal : UndanganYth. Ketua Kelas VII, VIII, dan IX 2 Juli 2020 SMP Negeri 12 Malang MalangDengan hormat, Dalam rangka mendukung pelaksanaan program Malang HijauSejuk Berseri, kami mengharap kehadiran Saudara pada:hari/tanggal: Senin, 6 Juli 2020pukul : 13.30 – 15.00 WIBtempat : Ruang Sanggar Bahasaacara : Kordinasi Persiapan Penanaman 100 Pohon di Jalan S. Supriyadi. Demikian undangan kami, atas perhatian dan kehadiran Saudara,kami mengucapkan terima kasih.. Ketua OSIS, M.IqbalTembusan: Kepala SMPN 12 Malang Pembina OSIS SMPN 12 MalangSumber: Dikutip dari dokumen pribadi dengan pengubahanSeperti yang telah Ananda ketahui bahwa teks 1 merupakan contoh teks suratpribadi, sedangkan teks 2 merupakan contoh teks surat dinas. Setelah Anandacermati apakah Ananda menemukan ciri-ciri yang membedakan antara kedua tekstersebut? Untuk mengenali ciri masing-masing teks tersebut Ananda bisamengamatinya dari segi bentuk, isi, dan bahasanya. Nah, selanjutnya marilah kitakenali ciri-ciri kedua jenis surat tersebut secara bertahap. 41Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | Genap(a) Ciri Bentuk atau Susunan Penyajian Bagaimana perbedaan bentuk atau susunan penyajian kedua contoh surat di atas? Nah, untuk menemukan perbedaan bentuk atau susunan penyajian kedua surat tersebut, cobalah mencermati setiap bagian surat di atas mulai dari bagian awal hingga bagian akhir! Tulislah temuan Ananda pada tabel berikut seperti contoh yang diberikan! Bentuk atau Susunan Penyajian Bentuk atau Susunan Penyajian Surat Dinas Surat Pribadi Bentuk atau susunan penyajian suratBentuk atau susunan penyajian pribadi bersifat kompleks, mencakup banyak unsur, yaitu:surat pribadi bersifat sederhana, (1) Kepala surat (2) ...........................................mencakup beberapa unsur, yaitu: (3) ........................................... (4) ...........................................(1) Tanggal surat (5) ........................................... (6) ...........................................(2) .............................. (7) ........................................... (8) …………………………...(3) ............................. (8a) …………………………...(4) .............................. (8b)…………………………… (4a) ……………………….. (8c) ……………………………. (4b) ………………………. (9) ……………………………….. (4c) ………………………. (10) ...............................................(5) ………………….(6) …………………Untuk menguatkan pemahaman, bandingkan temuan Anandadengan penjelasan berikut! Unsur surat pribadi meliputi tanggalsurat, alamat, salam pembuka, isi surat yang terdiri atas kalimatpembuka, inti surat, penutup surat, salam akhir, nama dan tandatangan. Adapun unsur-unsur surat resmi meliputi kepala surat,tanggal surat, nomor, lampiran, perihal, alamat surat, salampembuka, isi surat terdiri atas paragraf pembuka, paragraf inti,paragraf penutup, pengirim yang meliputi jabatan, tanda tangan,nama terang, dan tembusan.42 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | Genap(b) Ciri Isi Ciri-ciri isi surat pribadi dan surat dinas, dapat diamati dari hubungan pengirim dan penerima, atau tujuan pengiriman surat.❖ Mengidentifikasi Pengirim dan Penerima Surat Untuk menentukan siapa pengirim surat, Ananda dapat mengamati bagian bawah surat. Pada bagian itu terdapat status dan nama pengirim surat. Sedangkan untuk menentukan siapa penerima surat, Ananda dapat mencermati pada bagian awal surat. Pada bagian tersebut terdapat nama dan alamat yang dituju dalam surat. Nah, mudah kan? Sekarang coba Ananda tulis siapa pengirim dan penerima surat pribadi dan surat resmi di atas pada tabel berikut!Teks Jenis Status dan Status dan Hubungan Kepen- ke Surat Nama Nama pengirim dan tingan1 Pengirim Penerima penerima2 Sekarang bandingkan temuan Ananda dengan penjelasan berikut. Status pengirim surat pribadi bersifat perorangan bisa adik, kakak, ibu, ayah, kakek, nenek, paman, bibi, sahabat, dll. Status pengirim surat resmi bisa bersifat perseorangan seperti orang tua, pemohon, dan bisa berupa status kelembagaan seperti guru, wali kelas, kepala sekolah, ketua, dll. Penerima surat pribadi bersifat perorangan, sedangkan penerima surat resmi bisa perorangan bisa juga lembaga.❖ Menemukan Tujuan Komunikasi Tujuan komunikasi dalam surat dapat Ananda temukan dengan mencermati bagian isi surat. Pada bagian tersebut, penulis secara tersurat menyampaikan apa yang ingin disampaikan kepada penerima surat. Sekarang, coba Ananda temukan apa tujuan surat di atas dengan mengisi tabel berikut. 43Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | GenapTeks Jenis TujuanNomor Surat 1 2Setelah itu, bandingkan temuan Ananda dengan penjelasan berikut.Tujuan komunikasi surat pribadi, umumnya berkenaan denganurusan pribadi antara pengirim dan penerima surat, seperti (1)menyampaikan perasaan rindu, senang, bangga, cinta, sedih,belasungkawa, kagum, (2) meminta maaf, (3) mengabarkankabar/berita, atau (4) memberi nasihat. Adapun pada surat resmi,tujuan tersebut berkenaan dengan urusan resmi atau kedinasan,seperti (1) memohon sesuatu, misalnya izin, pekerjaan, (2)memberi tahu suatu informasi, (3) memberi tugas, (4) mengundanguntuk menghadiri suatu kegiatan, (5) meminjam sesuatu, danurusan lainnya.(c) Ciri Bahasa Ciri penggunaan bahasa pada surat pribadi dan surat dinas dapat Ananda kenali dari penggunaan kata dan kalimatnya. Coba Ananda cermati penggunaan kata dan kalimat pada kedua teks surat di atas! Tulislah temuan Ananda pada tabel berikut! Ciri Bahasa Surat Bukti pada Teks Surat PribadiMenggunakan bahasakeseharian/bahasa tuturbersifat komunikatifdan tidak baku.(Kata-kata yang dicetakmiring menandaibahasakeseharian/bahasatutur)44 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapCiri Bahasa Surat Bukti pada Teks Surat ResmiMenggunakan bahasaresmi/baku Agar lebih paham bandingkan jawaban Ananda dengan pejelasan berikut. Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi adalah bahasa keseharian /bahasa tutur yang bersifat komunikatif dan tidak baku. Contoh (1) penggunaan kata salam yang tidak baku, seperti salam kangen, salam rindu, (2) penggunaan kata sapaan yang tidak baku, seperti Bu, Ibunda, mama, ayah, (3) penggunaan kata tutur yang tidak baku, seperti tak, nggak, buat, ya Bu, dan (4) penggunanan kata seru, seperti nah, wah, aduh, dan sejenisnya. Adapun surat dinas menggunakan bahasa resmi yang bersifat baku. Contoh (1) menggunakan sapaan baku, seperti dengan hormat, (2) menggunakan kata baku, seperti merayakan, berencana, menyelenggarakan, dan lain-lain, dan (3) menggunakan kalimat baku dan efektif.2. Menemukan InformasiInformasi yang terdapat dalam surat dapat Ananda temukan pada bagian isi surat,dengan menanyakan informasi apa yang disampaikan oleh pengirim surat? CobaAnanda temukan informasi apa yang terdapat pada contoh surat di atas. Teks Informasi Rincian Informasi dalam Suratkesatu umumSuratPribadi 45Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | GenapTeks Informasi Rincian Informasi dalam Suratkedua umumSuratDinasSelanjutnya, bandingkan jawaban Ananda dengan penjelasanberikut. Informasi yang disampaikan pada surat pribadi umumnyaberkenaan dengan permasalahan pribadi, seperti mengabarkankeadaan, meminta maaf, memberi nasihat, menyampaikanperasaan tertentu, misalnya cinta, rindu, kagum, bangga, sedih,menyampaikan ucapan terima kasih, ucapan selamat, dan urusanpribadi lainnya. Adapun informasi yang disampaikan pada suratresmi umumnya berkenaan dengan permasalahan kedinasan ataukelembagaan yang bersifat resmi, seperti pemberitahuan rencanasuatu kegiatan, undangan, permohonan izin, penugasan, ataupengumuman.3. Kritis terhadap Informasi dalam Surat Setelah Ananda memahami ciri-ciri surat pribadi dan surat dinas beserta unsur- unsurnya, kini Ananda diajak berpikir kritis terhadap informasi dalam surat. Untuk itu, bacalah teks surat pembaca berikut. Yth. Redaksi Kompas Membaca berita Kompas (17/11) tentang “Bayi Usia 135 Hari Dicakar Monyet di Kebun Raya Bogor”. Menurut saya, peristiwa tersebut sebagai kasus konflik antara manusia dan satwa liar yang perlu mendapat perhatian manajemen Kebun Raya Bogor. Penanganan monyet yang nakal dengan cara dibunuh dan membuang bangkai monyet tersebut ke Sungai Ciliwung merupakan tindakan yang tidak mendidik. Cara penanganan konflik tersebut menurut saya ceroboh dan emosional, tanpa memperhatikan dampak edukatif publik. Apabila ada konflik seperti itu, perlu diambil tindakan yang cermat.46 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapMonyet nakal tidak semestinya dibunuh, tetapi diselidiki dengan lebih seksama. Mungkin dapat dipertanyakan, apakah ada masalah dengan kesehatan monyet, apakah monyet cukup tersedia makanan, apakah lingkungan monyet terganggu, atau apakah aspek pengamanan pengunjung telah memadai, dan sebagainya. Apabila monyet nakal dan perilakunya membahayakan, seharusnya dipindahkan ke lingkungan lain, misalnya ke kebun binatang atau apabila memungkinkan dipindahkan ke habitat aslinya. Di masa mendatang, hendaknya pihak Kebun Raya Bogor lebih memperhatikan personalnya, terutama dalam membekali pengetahuan , sikap, dan perilakunya sebagai langkah antisipasi terhadap kasus-kasus konflik serupa. Hormat saya, Rita Iryanti Sumber: Dikutip dari Buku Siswa Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs. (Priyatni, Endah Tri, Thamrin, Hadi Wardoyo, 2019)(1) Apa isi teks tersebut? Untuk menjawab pertanyaan ini, silakan Ananda membuat butiran-butiran garis besar isi yang Ananda dapat dari teks surat pembaca di atas. Butiran-butiran isi surat itu Ananda tulis pada kolom di bawah ini. Semua butiran surat harus tersurat/tertulis di dalam teks. Surat Pembaca Kompas(2) Mengapa penulis menganggap bahwa membunuh monyet nakal bukanlah tindakan yang tepat? Mengapa penulis menyalahkan pihak pengelola Kebun Raya Bogor dalam kasus tersebut? Jawaban atas pertanyaan ini adalah simpulan Ananda terhadap isi surat pembaca di atas. Silakan Ananda boleh menjawabnya dengan jawaban tersirat, tetapi harus mendasarkan pada isi teks. Tidak boleh memberikan jawaban yang informasinya di luar teks. 47Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | GenapSurat Pembaca Kompas(3) Terkait dengan teks surat pembaca harian Kompas tersebut, apa pendapat Ananda tentang sikap penulis terhadap kasus pembunuhan monyet nakal tersebut? Melalui pertanyaan ini, Ananda diminta memberi pendapat terhadap bagaimana sikap penulis terhadap kasus pembunuhan monyet nakal. Silakan Ananda kemukakan apa pun yang Ananda pikirkan terkait dengan sikap penulis tersebut. Ananda juga boleh berpendapat, misalnya tentang tindakan personal Kebun Raya Bogor yang telah membunuh monyet nakal dan membuang bangkainya ke Sungai Ciliwung atau tentang penyesalan penulis terhadap pihak Kebun Raya Bogor. Tulislah pendapat Ananda pada tabel berikut! Surat Pembaca Kompas(4) Apa pendapat Ananda tentang isi surat pembaca harian Kompas di atas? Pada bagian ini, Ananda diminta memberi jawaban seandainya Ananda sebagai penulis dan seandainya Ananda sebagai pengelola Kebun Raya Bogor. Apa yang Ananda pikirkan jika penulis surat pembaca itu adalah Ananda sendiri? Ananda diminta jujur dan terbuka melihat peristiwa dalam surat tersebut. Ananda boleh berbeda cara, berbeda sikap, dan berbeda pendapat dengan penulis. Ananda bebas berpendapat apa saja tentang isi surat ini dari sudut pandang Ananda pribadi. Tulislah jawaban refleksi Ananda pada tabel berikut ini! Surat Pembaca Kompas 48 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapNah Ananda, sekarang kita bersyukur sudah berlatih memahami isi teks surat. Dengan menjawab pertanyaan di atas, Ananda bukan hanya memahami secara tersurat, tetapi sudah berlatih pula memahami secara tersirat. Ini adalah pembelajaran berpikir tingkat tinggi yang akan membantu Ananda memanfaatkan berbagai informasi dalam teks surat untuk hal-hal yang bermanfaat dalam memecahkan masalah hidup Ananda saat ini maupun kelak ketika dewasa.D. Perlatihan Bacalah teks surat dinas berikut ini kemudian jawablah pertanyaan yang ada dibawahnya! Malang, 15 September 2020 Buat Sahabatku Yeni Salam kangen! Hai Yen, gimana kabarmu? Yen, saya nonton berita di televisi, kabarnya kotamu sekarang jadi hijau dan bersih ya? Banyak taman kota yang dibangun untuk bersantai para warga kota. Wah, senang ya? Kalau hari minggu tambah ramai ya? Aku jadi pingin menikmati taman-taman kota itu. Aku sudah bilang Febri kalau akan berkunjung ke kotamu, Yen. Wah, dia senang sekali. Kebetulan ada Pak De yang tinggal di sana, tapi rumahnya agak jauh sih, di pinggiran kota. Kalau tidak ada acara keluarga, maukah kamu menemaniku jalan-jalan menikmati taman-taman kota? Rencananya, aku berangkat pagi bersama adikku akhir bulan ini. Masih ingat dengan Febri? Sekarang sudah besar lho, sudah kelas tiga SD. Nanti kalau sudah tiba di rumah Pak De akan saya hubungi kamu. Saya jemput ke rumahmu ya? Okey, Yen. Sampai ketemu di Surabaya ya. Sahabatmu, Haki 49Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | Genap1. Surat tersebut termasuk jenis surat apa? Jelaskan alasan Ananda dari segi ciri- cirinya! Jenis surat: ................................................... Alasan : ................................................................................................................. ................................................................................................................. ................................................................................................................. Komentar Guru:2. Jawablah pertanyaan berikut dan jelaskan alasan atau bukti dalam surat di atas! Pertanyaan Alasan/buktia. Kapan penulis akan berkunjung?b. Ke mana penulis akan berkunjung?c. Bagaimana rencana penulis yang tertuang dalam suratnya?d. Siapakah Febri yang diajak penulisKomentar Guru:50 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | Genap3. Apa saja tujuan penulis disampaikan yang tertuang dalam surat di atas? ................................................................................................................. ................................................................................................................. ................................................................................................................. Komentar Guru:4. Bagaimana sikap penulis terhadap taman-taman kota! ................................................................................................................. ................................................................................................................. ................................................................................................................. Komentar Guru:5. Bagaimana pendapat Ananda terhadap taman-taman kota yang ada di daerah Ananda?E. Rangkuman Rangkuman Pembahasan 1. Ciri-ciri surat pribadi dan surat dinas (resmi) dapat dikenali dari segi bentuk, isi, dan bahasanya. 2. Bentuk surat pribadi cukup sederhana hanya terdiri atas beberapa unsur saja, sedangkan bentuk surat dinas lebih komplek karena terdapat banyak unsur di dalamnya. 51Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | Genap3. Unsur surat pribadi meliputi alamat dan tanggal surat, salam pembuka, kalimat pembuka, isi surat, penutup surat, salam akhir, nama dan tanda tangan. 4. Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi adalah bahasa keseharian /bahasa tutur yang bersifat komunikatif dan tidak baku. Sedangkan surat dinas menggunakan bahasa resmi yang bersifat baku. 5. Unsur-unsur surat resmi meliputi kepala surat, nomor, lampiran, perihal, tanggal surat, alamat surat, salam pembuka, paragraf pembuka, inti surat, dan paragraf penutup, salam penutup, nama dan tanda tangan. 6. Dari segi isi perbedaan antara surat pribadi dan surat dinas dapat dicermati dari segi hubungan antar pengirim dan penerima surat dan tujuan pengirim surat, dan informasi yang disampaikan dalam surat. 7. Pengirim surat pribadi bersifat perorangan bisa adik, kakak, ibu, ayah, kakek, nenek, paman, bibi, sahabat, dll. 8. Status pengirim surat resmi bisa bersifat perseorangan seperti orang tua, pemohon, dan bisa berupa status kelembagaan seperti guru, wali kelas, kepala sekolah, ketua, dll. Penerima surat pribadi maupun surat resmi bersifat perorangan atau lembaga. 9. Tujuan komunikasi surat pribadi, umumnya berkenaan dengan urusan pribadi antara pengirim dan penerima surat, seperti (1) menyampaikan perasaan rindu, senang, bangga, cinta, sedih, belasungkawa, kagum, (2) meminta maaf, (3) mengabarkan kabar/berita, atau (4) memberi nasihat. 10. Tujuan surat resmi berkenaan dengan urusan resmi atau kedinasan, seperti (1) memohon sesuatu, misalnya izin, pekerjaan, (2) memberi tahu suatu informasi, (3) memberi tugas, (4) mengundang untuk menghadiri suatu kegiatan, (5) meminjam sesuatu, dan urusan lainnya. 11. Informasi yang disampaikan pada surat pribadi umumnya berkenaan dengan permasalahan pribadi, seperti mengabarkan keadaan, meminta maaf, memberi nasihat, menyampaikan perasaan tertentu, misalnya cinta, rindu, kagum, bangga, sedih, menyampaikan ucapan terima kasih, ucapan selamat, dan urusan pribadi lainnya. 12. Informasi yang disampaikan pada surat resmi umumnya berkenaan dengan permasalahan kedinasan atau kelembagaan yang bersifat resmi, seperti pemberitahuan rencana suatu kegiatan, undangan, permohonan izin, penugasan, atau pengumuman.52 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapF. Refleksi Setelah Ananda melakukan aktivitas pembelajaran 1, 2, dan 3 tentang surat pribadi dan surat dinas, jawablah pertanyaan di bawah ini untuk melanjutkan pembelajaran berikutnya. a. Beri tanda (✓) pada materi yang telah Ananda pahami? Kemudian tulislah tindakan apa yang akan Ananda lakukan! Aktivitas Pemahaman Tindakan yang akan Ananda Pembelajaran Sudah Belum lakukanMengidentifikasiunsur-unsur suratpribadi dan suratdinas.Mengidentifikasipengirim danpenerima suratpribadi dan suratdinasMengidentifikasitujuan surat pribadidan surat dinasMengidentifikasiinformasi suratpribadi dan suratdinasMenjelaskan secarakritis informasi yangada dalam suratpribadi dan suratdinas.belajarmenyimpulkan isisurat pribadi dansurat dinas. 53Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | Genapb. Bagaimana cara Ananda belajar untuk memahami perbedaan antara surat pribadi dan surat dinas?c. Dari kegiatan belajar yang sudah Ananda lakukan, kegiatan mana yang Ananda sukai?d. Dari kegiatan belajar yang sudah Ananda lakukan, kegiatan mana yang tidak Ananda sukai? Beri alasan! 54 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapG. Evaluasi Bacalah secara cermat teks surat berikut! PEMERINTAH KOTA MALANG KECAMATAN SUKUN KELURAHAN BANDUNGREJOSARI Jalan S. Supriadi 30 Telepon 0341-801852 Nomor : 973/114/35.73.04.1004/2017 Lampiran : 1 lembar Hal : Pendataan Tempat Kos Yth. Ketua RW 01 s.d. 13 Kelurahan Bandungrejosari di Malang Menindaklanjuti surat Sekretaris Daerah Kota Malang Nomor: 973/809/35.73.405./2017 tanggal 29 Maret 2017 perihal sebagaimana pada pokok surat, maka guna mengintensifikasi dan mengekstensifikasi pajak tempat kos yang dapat dilaksanakan adalah mendata seluruh tempat kos yang ada di wilayah Saudara. Sehubungan dengan hal tersebut di atas mohon bantuan Saudara untuk mendata tempat kos di wilayah masing-masing RW. Hasil pendataan dikirim ke Kantor Kelurahan sesuai dengan form isian terlampir selambat-lambatnya tanggal 20 April 2017. Demikian atas bantuan dan kerja sama Saudara disampaikan terima kasih. Lurah Bandungrejosari, Zainul Amali, S.Sos, M.Si.Tembusan:Yth.1. Camat Sukun Kota Malang 2. Ketua LPMK Bandungrejosari 55Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | Genap1. Surat di atas termasuk jenis surat apa? Jelaskan alasan Ananda!2. Lembaga-lembaga yang mendapat kiriman surat tersebut meliputi .... A. Ketua RW 01 s.d. 13 B. Ketua RW se-Kelurahan Bandungrejosari dan Ketua LPMK Bandungrejosari C. Ketua RW se-Kelurahan Bandungrejosari D. Ketua RW 01 s.d. 13, Camat Sukun Kota Malang, Ketua LPMK Bandungrejosari3. Apakah ada unsur yang belum termuat di dalam surat tersebut? Jika ada sebutkan!4. Lingkari huruf (B) jika pernyataan berikut yang sesuai dengan isi surat, dan huruf (S) jika tidak sesuai dengan isi surat di atas.No. Pernyataan Benar Salah 1 Penulisan surat tersebut didasarkan pada surat B S B S Sekretaris Daerah Kota Malang B S 2 Tujuan surat tersebut adalah mengintensifikasi dan B S mengekstensifikasi pajak tempat kos 3 Surat tersbut bertujuan meminta bantuan ketua RW untuk mendata tempat kos di wilayah masing- masing. 4 Pendataan tempat kos di wilayah RW dilaksanakan mulai tanggal 29 Maret 2017 sampai selesai.56 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | Genap5. Mengapa perlu dilakukan pendataan tempat kos? Jelaskan jawaban Ananda!6. Bacalah kalimat berikut! Sehubungan dengan hal tersebut di atas mohon bantuan Saudara untuk mendata tempat kos di wilayah masing-masing RW Pilihlah jawaban yang benar dan beri alasan! Kata Saudara yang dimaksud dalam kalimat tersebut adalah .... A. Ketua RW seluruh Kelurahan Bandungrejosari B. Camat Sukun Kota Malang C. Ketua LPMK Bandungrejosari D. Sekretaris Daerah Kota Malang Alasan:7. Bacalah kalimat berikut! Menindaklanjuti surat Sekretaris Daerah Kota Malang Nomor: 973/809/35.73.405./2017 tanggal 29 Maret 2017 perihal sebagaimana pada pokok surat, maka guna mengintensifikasi dan mengekstensifikasi pajak tempat kos yang dapat dilaksanakan adalah mendata seluruh tempat kos yang ada di wilayah Saudara Yang dimaksud pokok surat pada pernyataan tersebut adalah .... A. Nomor surat , yaitu 973/114/35.73.04.1004/2017 B. Lampiran surat yang berisi 1 lembar C. Perihal surat yaitu tentang pendataan tempat kos D. Alamat surat yang ditujukan kepada Ketua RW 01 s.d. 13 57Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | GenapH. Rambu/Kunci Jawaban/ Rubrik Penilaian/ Pedoman PenskoranPada bagian ini disampaikan contoh jawaban, rubrik penilaian, panduan penskoranyang adapat Ananda gunakan sebagai acuan untuk mengerjakan tes formatif dansumatif. Bagian (a) merupakan contoh jawaban untuk tes formatif, bagian (b) dan(c) meruapakan contoh jawaban untuk tes sumatif. Ananda dapat memanfaatkanuntuk mengkonfirmasi jawaban yang telah Ananda berikan baik pada ters formatifmaupun tes sumatif.Setelah Ananda membandingkan/mengkonfirmasikan jawaban tersebut,diharapkan Ananda lebih yakin atas jawaban yang lebih logis. Jika dalam prosesmembandingkan itu Ananda merasa kurang paham, ragu-ragu, atau tidak mengerti,silakan Ananda mendiskusikan dengan Ayah/Ibu/saudara di rumah. Boleh jugaAnanda bertanya atau meminta penjelasan kepada Bapak/Ibu Guru melalui jaringa,seperti WA, telepon, atau pertemuan google meeting.a. Isian pada Aktivitas Pembelajaran 1. Mencermati Contoh Surat Pribadi dan Surat Dinas (a) Ciri Bentuk atau Susunan Penyajian Unsur Surat Pribadi Unsur Surat Dinasalamat dan tanggal surat, salam kepala surat, nomor, lampiran, perihal,pembuka, kalimat pembuka, isi tanggal surat, alamat surat, salamsurat, penutup surat, salam akhir, pembuka, paragraf pembuka, inti surat,nama dan tanda tangan dan paragraf penutup, salam penutup, nama dan tanda tangan(b) Ciri Isi❖ Mengidentifikasi Pengirim dan Penerima SuratTeks Jenis Status dan Status dan Hubungan Kepentinga ke Surat Nama Nama pengirim dan n1 Surat Pengirim Penerima penerima pribadi Pribadi Putramu Ibunda keluarga (Atmojo)2 Surat Kepala Ketua Kelembagaan Dinas/resmiResmi Sekolah Komite (sekolah) (Khusnul SMP Hamidah) Negeri 1258 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | Genap❖ Tujuan Komunikasi Teks Jenis TujuanNomor Surat Menyampaikan rasa rindu kepada ibunya Surat 1 Pribadi Memberitahukan rencana sekolah merayakan HUT Surat SMP Negeri 12 Malang ke-37 2 Resmi(c) Ciri Bahasa Contoh temuan ciri bahasa pada surat tersebut! Ciri Bahasa Surat Bukti pada Teks Surat Pribadi Salam rindu buat Ibunda tersayang.Menggunakan bahasa Ibu, ananda mohon maaf sudah hampir tigakeseharian/bahasa tutur bulan ini tak bisa pulang untuk melepas rindubersifat komunikatif dan kepada Ibunda karena adanya larangan mudiktidak baku. pada masa pandemi. Sebenarnya, ananda sudah sangat rindu kepada Ibu, namun demi kesehatan(Kata-kata yang dicetak Ibu, ananda menahan diri untuk tidak mudikmiring menandai bahasa sementara. Semoga pandemi ini segera berakhirkeseharian/bahasa tutur) ya Bu Ciri Bahasa Surat Bukti pada Teks Surat Resmi Dengan hormat,Menggunakan bahasa Dalam rangka merayakan HUT SMPresmi/baku Negeri 12 Malang ke-37, sekolah berencana menyelenggarakan beberapa kegiatan sebagai berikut. 59Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | Genap(d) Menemukan Informasi Teks Informasi Rincian Informasi dalam Suratkesatu UmumSurat Menyampaikan informasi tentang: kondisi ananda,Pribadi perasaan rindu ananda, permintaan maaf ananda, harapan dan permohonan ananda Teks Informasi Rincian Informasi dalam Suratkesatu UmumSurat Rencana merayakan HUT SMP Negeri 12 MalangResmi ke-37 dan kegiatan lomba yang akan deselenggarakan, yaitu pembuatan media, vedio, penyerahan tali asih, dan senam pagi.2. Kritis terhadap Informasi dalam Surat (1) Apa isi teks tersebut? Surat Pembaca Kompas 1. Berita Kompas (17/11) tentang “Bayi Usia 135 Hari Dicakar Monyet di Kebun Raya Bogor” 2. Monyet dibunuh dan bangkainya dibuang ke Sungai Ciliwung 3. Penanganan konflik tersebut dinilai ceroboh dan emosional, tanpa memperhatikan dampak edukatif publik 4. Mestinya, diselidiki penyebabnya dengan lebih seksama 5. Seharusnya dipindahkan ke kebun binatang atau ke habitat aslinya. 6. Hendaknya pihak Kebun Raya Bogor membekali pengetahuan , sikap, dan perilaku personalnya (2) Mengapa penulis menganggap bahwa membunuh monyet nakal bukanlah tindakan yang tepat? Mengapa penulis menyalahkan pihak pengelola Kebun Raya Bogor dalam kasus tersebut?60 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapSurat Pembaca Kompas 1. Penanganan konflik dengan membunuh monyet nakal bukanlah tindakan yang tepat karena dianggap ceroboh dan emosional, tanpa memperhatikan dampak edukatif publik. Apabila ada konflik seperti itu, seharusnya diambil tindakan yang cermat. 2. Penulis menyalahkan pihak Kebun Raya Bogor karena tidak menyelidiki penyebab terjadinya konflik tersebut secara lebih seksama. Mungkin ada masalah dengan kesehatan monyet, kecukupan makanan monyet, lingkungan monyet yang terganggu, atau pengamanan pengunjung yang belum memadai.(3) Terkait dengan teks surat pembaca harian Kompas tersebut, apa pendapat Ananda tentang sikap penulis terhadap kasus pembunuhan monyet nakal tersebut? Surat Pembaca Kompas Penulis tidak sependapat terhadap tindakan personal Kebun Raya Bogor yang membunuh monyet nakal dan membuang bangkainya ke Sungai Ciliwung. Tindakan tersebut dinilai penulis ceroboh dan emosional, tanpa memperhatikan dampak edukatif publik.(4) Apa pendapat Ananda tentang isi surat pembaca harian Kompas di atas? Surat Pembaca Kompas Seandainya saya sebagai penulis, saya juga tidak setuju terhadap tindakan emosional yang dilakukan personal Kebun Raya Bogor dengan membunuh monyet nakal. Menurut saya, jaminan keamanan pengunjung yang harus ditingkatkan oleh pihak pengelola Kebun Raya Bogor bukan dengan membunuh monyet. Jadi bukan monyetnya yang nakal, tetapi manusianya yang kurang berhati-hati dan menyadari ketika berada di dekat binatang liar. Seandainya saya jadi pengelola Kebun Raya Bogor, saya akan melarang personel membunuh monyet itu. Saya akan menanggung biaya perawatan si bayi hingga sembuh dan membangun jala pengaman sepanjang jalur yang dilalui pengunjung. 61Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | Genapb. Isian pada kegiatan latihan 1. Jenis surat dan alasannya! Jenis surat: Surat pribadi Alasan : Dari segi bentuk, isi, dan bahasa yang digunakan sesuai dengan ciri-ciri surat pribadi. Bentuknya sederhana terdiri atas beberapa unsur. Dikirim oleh seorang kepada sahabatnya. Tujuannya menyampaikan urusan pribadi. Informasi yang terdapat dalam surat berkaiatan dengan kepentingan pribadi pengirim. Bahasa yang digunakan adalah bahasa keseharian/bahasa tutur yang komunikatif. Komentar Guru:2. Jawaban pertanyaan dan alasan atau bukti dalam surat di atas.Pertanyaan Alasan/buktib. Kapan Pada akhir Penulis menyampaikan akan penulis akan bulan berkunjung pada akhir bulan ini. berkunjung? September Sedangkan tanngal surat 15 September 2020 2020. Berarti penulis akan berkunjungb. Ke mana pada akhir bulan September 2020 penulis akan Ke Kota Pada bagian isi (paragraf 1) penulis berkunjung? Surabaya menyampaikan akan berkunjung ke kotamu.c. Bagaimana Berkunjung ke Pada salam penutup, penulis rencana rumah Pak De- menyampaikan sampai ketemu di penulis nya, Surabaya. Berarti penulis akan yang menjemput berkunjung ke Kota Surabaya. tertuang sahabat, dan Pada paragraf 1 penulis menyampaikan dalam jalan-jalan ingin menikmati taman kota. Sedangkan suratnya? menikmati pada paragraf 2, penulis menyampaikan taman kota setelah tiba di rumah Pak De-nya, dia akan menjemput temannya. Berarti rencana penulis adalah berkunjung ke rumah Pak De-nya, menjemput sahabat, dan jalan-jalan menikmati taman kota.62 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapPertanyaan Adik penulis Alasan/bukti (Haki)d. Siapakah Pada paragraf 2 kalimat 5 disampaikan Febri yang bahwa penulis akan berangkat bersama diajak adiknya. Sedangkan kalimat 6 dan 7 penulis mengabarkan tentang Febri. Berarti Febri itu adalah adik penulis.Komentar Guru:3. Tujuan penulis yang tertuang dalam surat di atas. Tujuan yang disampaikan penulis surat: 1. Menyampaikan salam dan kabar. 2. Menyampaikan keinginan untuk berkunjung menikmati taman kota. 3. Menyampaikan harapan agar sahabatnya mau menemani jalan- jalan di taman kota. 4. Menyampaiakan informasi tentang rencana keberangkatan penulis ke Surabaya dan rencana menjeput sahabatnya Komentar Guru:4. Sikap penulis terhadap taman-taman kota! Penulis sangat senang terhadap keberadaan taman-taman kota yang indah. Terbukti, setelah mendengar berita di televisi langsung dia menulis surat kepada sahabatnya dan menyampaikan kekaguman dan keinginannya untuk mengunjungi taman kotaKomentar Guru: 63Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | Genap5. Bagaimana pendapat Ananda terhadap taman-taman kota yang ada di daerah Ananda? 6. Contoh pendapat: Di daerah saya juga dibangun taman kota, namun jumlahnya tidak banyak seperti di Surabaya. Maklum, kotanya kecil. Saya senang dan sering berjalan-jalan ke taman kota di daerah saya. Sayang sekali taman kota di daerah saya kurang bersih, banyak sampah berserakan karena kebiasaan pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Saya sarankan agar petugas taman memberi sangsi tegas kepada pengunjung yang membuang sampah sembarangan, terutama putung rokok, bungkus makanan, dan botol-botol plastik.c. Rambu/Kunci/Contoh Jawaban EvaluasiNo. Rambu/Kunci/Contoh Jawaban Deskriptor Skor Skor Evaluasi Maks1 Surat di atas termasuk jenis surat Jawaban benar, 2 2 resmi dari segi bentuk, isi, dan alasan benar bahasa sesuai dengan ciri-ciri surat resmi. Memiliki bentuk yang Jawaban benar 1 kompleks dan berisi banyak unsur alasan salah atau di dalamnya. Dikirim oleh lembaga sebaliknya dan penerima juga lembaga, tujuannya meminta bantuan dan Jawaban salah dan 0 kerja sama dengan lembaga lain. alasan salah Informasi yang disampaikan berkaitan dengan masalah kedinasan, yaitu pendataan tempat kos di lingkungan RW. Bahasa yang digunakan adalah bahasa resmi/baku.2 Jawaban D Jawaban benar 11 0 Ketua RW 01 s.d. 13, Camat Sukun Jawaban salah Kota Malang, Ketua LPMK Bandungrejosari.64 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapRambu/Kunci/Contoh Jawaban Deskriptor SkorNo. Evaluasi Skor Maks Jawaban benar 113 Ada, yaitu tanggal surat Jawaban salah 0 3 – 4 jawaban 224 Jawaban benar Nomor 1 : B 1 Nomor 2 : S 1 – 2 jawaban Nomor 3 : B benar Nomor 4 : S Jawaban salah 05 Jawaban: Jawaban benar 2 2Pendataan tempat kos perlu mengandung duadilakukan untuk mengintensifikasi kata kuncidan mengekstensifikasi pajak mengintensifikasitempat kos. dan mengekstensifikasi Jawaban memuat 1 satu kata kunci Jawaban tidak 0 memuat kata kunci5 Jawaban: Jawaban 2 2Pendataan tempat kos perlu mengandung 4dilakukan untuk mengintensifikasi kata kunci:dan mengekstensifikasi pajak Pendataan tempattempat kos. kos, mengintensifikasi, Mengekstensifikasi, pajak Jawaban 1 mengandung 3 kata kunci: Pendataan tempat kos, mengintensifikasi, 65Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | GenapRambu/Kunci/Contoh Jawaban Deskriptor SkorNo. Evaluasi Skor Maks Mengekstensifikasi, pajak Jawaban 0 mengandung 1 – 2 dua kata kunci: Pendataan tempat kos, mengintensifikasi, Mengekstensifikasi, pajak6 Jawaban A: Jawaban benar 2 2 Ketua RW seluruh Kelurahan alasan benar Bandungrejosari Alasan: Kata Saudara pada kalimat Jawaban benar dan 1 di atas mengacu pada alamat surat alasan salah atau yaitu sebaliknya Yth. Ketua RW 01 s.d. 13 Kelurahan Bandungrejosari Jaswaban dan 0 di Malang alasan salahA. 7 Jawaban C; Jawaban benar 1 1B. Perihal surat yaitu tentang Jawaban salah 0 13 pendataan tempat kos Skor Maksimal Skor yang diperoleh X Skor ideal = ..........................Nilai = Skor maksimalContoh:Shanti memperoleh skor 8, maka nilainya adalah 8Nilai = X 100 = 84,6 1366 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapPePmembbeellaajarraann22::MMeneynimyipmulpkuanlkIasni SIusriaSt uPriabtaPdirdibanadSiudraatnDinas Surat DinasA. Tujuan Pembelajaran 1. Setelah mencermati contoh yang diberikan, peserta didik dapat menentukan informasi dalam surat pribadi dan surat dinas secara tepat; 2. Setelah mencermati contoh yang diberikan, peserta didik dapat menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas secara tepat.B. Peran Guru dan Orang Tua Pada pembelajaran teks cerita imajinasi ini Bapak/Ibu Guru telah merancang kegiatan pembelajaran agar Ananda lebih banyak melakukan aktivitas yang meliputi kegiatan membaca secara cermat, menandai bagian-bagian teks, mencermati penggunaan kata dan kalimat dalam teks. Dengan rancangan pembelajaran tersebut diharapkan Ananda dapat belajar secara mudah dan menyenangkan. Selain itu, Ananda juga akan diberi bahan pengayaan yang dapat dikerjakan dengan pendampingan orang tua. Jangan segan bertanya dan mencari sumber lain untuk menyelesaikan tugas. Bapak/Ibu di rumah diharapkan juga mengambil peran (a) mendampingi dan memfasilitasi Ananda pada saat mengerjakan tugas di rumah; (b) menyampaikan kepada guru kesulitan-kesulitan yang dihadapi Ananda ketika belajar; dan (c) menyediakan bahan bacaan tambahan (buku pelengkap, buku tentang surat- menyurat, contoh-contoh surat yang dimiliki orang tua, atau membimbing Ananda menemukan contoh-contoh surat pribadi dan surat dinas melalui internet.C. Aktivitas Pembelajaran Salam literasi untuk Ananda semua! Pada pembelajaran kali ini, Ananda diajak mencermati model teks surat pribadi dan surat dinas, kemudian dipandu untuk menentukan butir-butir informasi yang terdaat dalam surat pribadi dan surat dinas. Dari butir-betir informasi tersebut, selanjutnya Ananda dipandu untuk menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas. Untuk itu lakukanlah aktivitas berikut dengan sungguh-sungguh. Jika ada kesulitan jangan segan untuk bertanya kepada Bapak/Ibu Guru atau teman sekelas melalui telepon, whatsapp, email, atau lainnya. Atau mencari sumber lain di buku atau di internet. 67Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | Genap1. Menentukan Butir-butir Informasi dalam Surat Setelah memahami ciri surat, kini Ananda diajak belajar menyimpulkan isi surat, baik surat pribadi maupun surat dinas. Namun sebelumnya, Ananda perlu belajar menentukan butir-butir informasi dalam surat . Untuk itu, bacalah contoh surat berikut kemudian tentukan butir-butir informasi yang terdapat di dalamnya. Surat Pribadi Yogyakarta, 26 Maret 2020Buat Bulik Asri di JakartaSalam kangen untuk Bulik dari Fitri dan Fitra Bulik Asri bagaimana kabarnya? Fina sudah bisa jalan ya Bulik? Sayajadi tambah kangen lihat foto Bulik Asri nggendong Fina. Lucu dan imut.Kalau ada liburan ajak Fina ke Yogya ya Bulik. Fitri mau menggendongnya. Bulik Asri, saya dan Fitra sekarang sudah kelas tujuh. Alhamdulillahditerima di SMP N 2 Bantur. Sekolahnya tidak jauh dari rumah, lebih kurang500 meter. Jadi, saya dan Fitra bisa jalan kaki ke sekolah. Enak Bulik, selainsehat juga hemat he he he. Oh iya Bulik sampai lupa. Ibu kirim salam untuk Bulik dan keluarga diJakarta. Kata Ibu, kalau ke mana-mana jangan lupa pakai masker, jaga jarak,dan rajin cuci tangan.Sampai di sini dulu ya Bulik kabar dari Fitri dan Fitra. Lain hari disambunglagi.Dari keponakan Bulik,Fitri dan Fitra68 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapSurat DinasYth. Ibu Shofiana Wali Kelas VIII-ASMP Nusa Bangsa MalangDengan hormat,Yang bertanda tangan di bawah ini, kami orang tua dari:nama : Arum Sekarnomor : 28kelas : VIII-Amemberitahukan bahwa anak kami tersebut, pada hari ini, Senin, 20 Februari2020, tidak dapat masuk sekolah karena sakit dan saat ini sedang rawat jalan dirumah. Untuk itu, kami mohonkan izin untuk tidak masuk sekolah sampai anakkami tersebut sembuh.Atas izin yang Ibu berikan, kami menyampaikan terima kasih. Malang, 20 Februari 2020 Hormat kami Orang Tua, Gendis Manis Menentukan butir-butir informasi dalam surat dapat Ananda lakukan dengan menandai bagian-bagian penting dalam surat terutama pada bagian isi surat. Nah, setelah membaca dan menandai bagian-bagian penting isi surat di atas, tulislah bagian-bagian yang telah Ananda tandai itu secara urut pada tabel berikut! Butir Informasi dalam Surat Pribadi 69Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | GenapButir Informasi dalam Surat Dinas Sekarang bandingkan temuan Ananda tersebut dengan penjelasan berikut. Butir-butir informasi yang terdapat dalam surat pribadi di atas adalah sebagai berikut. Pertama, menanyakan kabar Bulik dan Fina. Kedua , menyampaikan rasa kangen kepada Fina. Ketiga, meminta Bulik agar mengajak Fina ke Yogya. Ketiga, mengabarkan bahwa Fitri dan Fitra sudah kelas tujuh di SMP Negeri 2 Bantur. Keempat, menyampaiakan perasaan senang karena sekolanya tidak jauh dari rumah. Kelima, menyampaikan salam dan pesan Ibunya kepada keluarga di Jakarta agar tidak lupa pakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan. Adapun butir-butir isi surat dinas di atas adalah sebagai berikut. Pertama, bahwa orang tua Arum Sekar (bernama Gendis Manis) memberitahu Ibu Shofiana Wali Kelas 8A. Kedua, Arum Sekar pada hari Senin, 20 Februari 2020, tidak dapat masuk sekolah karena sakit. Ketiga, Saat ini Arum Sekar sedang rawat jalan di rumah. Keempat, orang tuanya memohonkan izin untuk tidak masuk sekolah sampai sembuh.2. Menyimpulkan Isi Surat Untuk mendapatkan kesimpulan isi surat, terlebih dahulu pahami setiap butir informasi yang telah Ananda temukan, kemudian pilih/tandai bagian butir informasi yang paling penting. Hubungkan bagian-bagian butir informasi penting tersebut sehingga membentuk pernyataan yang utuh yang merupakan kesimpulan isi surat. Tulislah rumusan kesimpulan Ananda itu pada kolom berikut. 70 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapKesimpulan Isi Surat Pribadi Kesimpulan Isi Surat Dinas Apakah Ananda sudah bisa menyimpulkan? Untukmengetahui kebenarannya coba bandingkan kesimpulan Anandadengan penjelasan berikut. Butir informasi yang terdapat padasurat di atas adalah sebagai berikut. Untuk surat pribadi, butir-butirinformasi yang terdapat di dalamnya meliputi:(1) Menyampaikan rasa kangen kepada Fina(2) Meminta Bulik agar mengajak Fina ke Yogya(3) Mengabarkan bahwa penulis sudah kelas tujuh SMP Negeri 2 Bantur(4) Menyampaiakan perasaan senang karena sekolanya tidak jauh dari rumah(5) Menyampaikan salam dan pesan Ibunya kepada keluarga di Jakarta agar tidak lupa pakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan. 71Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | GenapDari butir-butir informasi tersebut terdapat bagian-bagian yang paling penting terkait dengan isi surat yang ditandai dengan dicetak tebal. Selanjutnya, bagian-bagian tersebut disusun menjadi pernyataan yang menggambarkan kesimpulan isi surat, yaitu “Selain menyampaikan rasa kangen, penulis menyampaikan kabar bahwa mereka sudah kelas tujuh dan senang bersekolah dekat rumah. Penulis juga menyampaikan pesan agar keluaga di Jakarta tidak lupa pakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan”. Untuk surat dinas, butir-butir informasi yang terdapat di dalamnya meliputi: (1) Orang tua Arum Sekar (Gendis Manis) memberitahu Ibu Shofiana Wali Kelas 8A. (2) Arum Sekar hari ini, Senin, 20 Februari 2020, tidak dapat masuk sekolah karena sakit. (3) Saat ini sedang rawat jalan di rumah. (4) Kami memohonkan izin untuk tidak masuk sekolah sampai sembuh. Dari butir-butir informasi tersebut terdapat bagian-bagian yang paling penting terkait dengan isi surat yang ditandai dengan dicetak tebal. Selanjutnya, bagian-bagian tersebut disusun menjadi pernyataan yang menggambarkan kesimpulan isi surat, yaitu “Orang tua Arum Sekar memberi tahu Wali Kelas 8A bahwa pada 20 Februari 2020 Arum Sekar mohon izin tidak dapat masuk sekolah karena sakit”72 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapD. Perlatihan Bacalah teks surat berikut secara cermat! PEMERINTAH KABUPATEN MALANG DINAS PENDIDIKAN SMP NEGERI 2 BANTUR Jalan Wonokerto 297 Telepon 0341 879510 Kec. Bantur Kab. Malang Nomor : 800/299/35.07.101/2019 Lampiran : - Yth. Pimpinan Museum Brawijaya di Malang Dengan hormat, Dengan ini kami mengucapkan terima kasih atas sambutan dan layanan pihak Museum Brawijaya Malang kepada siswa kelas 7 SMP Negeri 2 Bantur saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di luar kelas (out learning) pada minggu yang lalu. Kami sangat berterima kasih atas waktu yang disediakan dan kesabaran petugas museum untuk melayani dan menjawab semua pertanyaan siswa kami. Kami perlu menyampaikan bahwa keluarga besar SMP Negeri 2 Bantur merasa puas atas semua layanan yang diberikan oleh pihak Museum Brawijaya Malang. Semoga kerja sama yang baik ini dapat dilanjutkan di masa mendatang. Atas perhatian dan kerja sama yang diberikan, kami menyampaikan terima kasih. Kepala SMP Negeri 2 Bantur, Ery Basuki, S.Pd. Sumber: Dokumen pribadi dengan pengubahan 1. Menurut Ananda, contoh surat di atas termasuk jenis surat pribadi atau surat dinas? Kemukakan alasan Ananda! 73Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | Genap2. Apakah contoh surat di atas sudah memenuhi unsur-unsur surat? Jika belum, unsur apa yang perlu ditambahkan!3. Tentukan butir-butir informasi yang terdapat pada surat di atas! Tulislah temuan Ananda pada kolom berikut!4. Tandai bagian-bagian penting dari butir-butir informasi yang telah Ananda temukan! Hasilnya tulislah di kolom berikut!5. Simpulkan isi surat di atas dengan merangkaikan butir-butir informasi yang telah Ananda tandai sehingga menjadi pernyataan kesimpulan isi surat tersebut! Tulislah hasil kesimpulan Ananda pada kolom berikut! 74 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapE. Rangkuman Rangkuman Pembahasan 1. Menentukan butir-butir informasi dalam surat dapat dilakukan dengan menandai bagian-bagian penting dalam surat terutama pada bagian isi surat. 2. Untuk menyimpulkan isi surat, terlebih dahulu memahami setiap butir informasi, memilih/menanandai bagian butir informasi yang paling penting, kemudian menghubungkan bagian-bagian butir informasi penting tersebut sehingga membentuk pernyataan yang utuh yang merupakan kesimpulan isi surat.F. RefleksiSetelah Ananda melakukan aktivitas pembelajaran 1 dan 2 tentang menentukanbutir-butir informasi dalam surat dan menyimpulkan isi surat, jawablah pertanyaandi bawah ini untuk melanjutkan pembelajaran berikutnya.a. Beri tanda (✓) pada materi yang telah Ananda pahami? Kemudian tulislah tindakan apa yang akan Ananda lakukan! Aktivitas Pemahaman Tindakan yang akan Pembelajaran Sudah Belum Ananda lakukanMenentukan butir-butirinformasi dalam suratMemahami setiap butirinformasi dalam suratMenentukan bagian informasiyang pentingMenyimpulkan isi suratb. Bagaimana cara belajar menyimpulkan isi surat yang Ananda baca? 75Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | Genapc. Dari kegiatan belajar yang sudah Ananda lakukan, kegiatan mana yang Ananda suakai?d. Dari kegiatan belajar yang sudah Ananda lakukan, kegiatan mana yang tidak Ananda suakai? Beri alasan!G. Evaluasi Bacalah teks surat berikut!Sahabatku Dinda Malang, 10 Juni2019di TernateSalam kangen,Hai, Din! Bagaimana kabarmu sekarang? Sehat-sehat saja kan? Sudahterima rapor apa belum? Aku sudah terima rapor minggu lalu. Hasilnya hehe he, masih kayak dulu. Nilai matematikanya yang rendah, tapimendingan Din ada kenaikan dikit dibanding semester ganjil kemaren.Kalau kamu gimana, tetap seperti dulu ya? Juara kelas.Eh, Din. Liburan ini acaramu ke mana? Katanya di daerahmu banyakpantai yang indah ya? Wah enak ya, bisa renang, cari ikan. Liburan ini akutidak ke mana-mana Din. Ibuku dapat pesenan jahitan banyak sekali. Akuharus bantu-bantu ibu di rumah.Sekian dulu ya Din, kabar dariku. Jangan lupa balas ya?Sahabatmu,Manda76 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | Genap1. Lingkari huruf (B) jika pernyataan benar dan huruf (S) jika pernyataan salah tidak sesui dengan isi teks!No. Pernyataan Benar Salah BS 1 Sesuai ciri-cirinya, contoh surat dinas tersebut BS termasuk dalam kategori surat dinas. BS BS 2 Pengirim dan penerima surat memiliki hubungan BS persahabatan 3 Pengirim mengabarkan bahwa nilai matematikanya meningkat dan menjadi juara kelas. 4 Pengirim surat adalah anak seorang penjahit 5 Dinda sudah menerima rapor seminggu yang lalu2. Setujukah Ananda jika dikatakan bahwa Manda tergolong anak yang rajin? Jelaskan alasanmu!3. Kata tidak baku yang terdapat pada teks surat di atas adalah .... A. kayak, kemaren, gimana, kenaikan B. dikit, pesenan, liburan, daaerahmu C. kemaren, gimana, pesenan, kayak D. liburan, gimana, kenaikan, dikit4. Informasi yang tidak sesuai dengan isi surat di atas adalah.... A. Pengirim menanyakan kabar kesehatan dan penerimaan rapor. B. Pengirim mengabarkan hasil rapor yang telah diterimanya C. Pengirim menanyakan hasil rapor sahabatnya D. Pengirim suka berenang dan mencari ikan di pantai.5. Ubahlah kalimat berikut menjadi kalimat yang baku! Nilai matematikanya yang rendah, tapi mendingan Din ada kenaikan dikit dibanding semester ganjil kemaren. Kalau kamu gimana, tetap seperti dulu ya? Juara kelas. 77Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | Genap6. Simpulkan isi surat di atas berdasarkan butir-butir informasi yang terdapat di dalamnya! Tulislah jawaban Ananda pada kolom berikut!H. Rubrik Penilaian/Kunci Jawaban/ Pedoman Penskoran/Penjelasan Jawaban a. Contoh Isian dalam Aktivitas Pembelajaran ❖ Menentukan Butir-butir Informasi dalam Surat Butir Informasi dalam Surat Pribadi 1. Menyampaikan rasa kangen kepada Fina 2. Meminta Bulik agar mengajak Fina ke Yogya 3. Mengabarkan bahwa penulis sudah kelas tujuh SMP Negeri 2 Bantur 4. Menyampaiakan perasaan senang karena sekolanya tidak jauh dari rumah 5. Menyampaikan salam dan pesan Ibunya kepada keluarga di Jakarta agar tidak lupa pakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan. Butir Informasi dalam Surat Dinas 1. Orang tua Arum Sekar memberitahu Ibu Shofiana Wali Kelas 8A. 2. Arum Sekar hari ini, Senin, 20 Februari 2020, tidak dapat masuk sekolah karena sakit. 3. Saat ini sedang rawat jalan di rumah 4. Kami memohonkan izin untuk tidak masuk sekolah sampai sembuh. ❖ Menyimpulkan Isi Surat Kesimpulan Isi Surat Pribadi Selain menyampaikan rasa kangen, penulis menyampaikan kabar bahwa mereka sudah kelas tujuh dan senang bersekolah dekat rumah. Penulis juga menyampaikan pesan agar keluaga di Jakarta tidak lupa pakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan. 78 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapKesimpulan Isi Surat Dinas Orang tua Arum Sekar memberi tahu Wali Kelas 8A bahwa pada 20 Februari 2020 Arum Sekar mohon izin tidak dapat masuk sekolah karena sakit.b. Contoh Isian Perlatihan 1. Menurut saya contoh surat di atas termasuk jenis surat dinas Alasan: Karena bentuk, isi, dan Bahasa yang digunakan sesuai dengan ciri-ciri surat dinas. 2. Menurut saya belum memenuhi unsur-unsur surat dinas. Unsur yang perlu ditambahkan adalah tanggal surat dan pokok surat/perihal 3. Butir-butir informasi dalam surat: 1. Kepala sekolah mengucapkan terima kasih atas sambutan dan layanan pihak Museum Brawijaya Malang kepada siswa kelas 7 SMP Negeri 2 Bantur saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di luar kelas. 2. Keluarga besar SMP Negeri 2 Bantur merasa puas atas semua layanan yang diberikan oleh pihak Museum Brawijaya Malang. 3. Harapan agar kerja sama bisa berlanjut di masa mendatang. 4. Ucapan terima kasih atas perhatian dan kerja sama pihak museum 79Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | Genap4. Bagian-bagian penting dari butir-butir informasi yang ditandai adalah sebagai berikut! 1. Kepala sekolah mengucapkan terima kasih atas sambutan dan layanan pihak Museum Brawijaya Malang kepada siswa kelas 7 SMP Negeri 2 Bantur saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di luar kelas. 2. Keluarga besar SMP Negeri 2 Bantur merasa puas atas semua layanan yang diberikan oleh pihak Museum Brawijaya Malang. 3. Harapan agar kerja sama bisa berlanjut di masa mendatang. 4. Ucapan terima kasih atas perhatian dan kerja sama pihak museum5. Kesimpulkan isi surat di atas adalah sebagai berikut!Kepala sekolah mengucapkan terima kasih atas sambutan danlayanan yang memuaskan dari pihak Museum Brawijaya Malangkepada siswa kelas 7 SMP Negeri 2 Bantur dan berharap kerjasama bisa berlanjut di masa mendatang.c. Rambu/Rubrik/Kunci Jawaban EvaluasiNo. Rambu/Kunci/Contoh Deskriptor Skor Skor Jawaban Evaluasi Empat – lima Maks jawaban benar 1 Jawaban: 22 Nomor 1 : S Dua – tiga Nomor 2 : B jawaban benar 1 Nomor 3 : S Nomor 4 : B Nomor 5 : S satu jawaban 0 benar atau semua jawaban salah80 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapNo. Rambu/Kunci/Contoh Deskriptor Skor Skor Jawaban Evaluasi Maks Jawaban benar2 Jawaban: setuju alasan benar 22 Alasan : karena pada saat liburan dia pilih tidak kemana-mana tetapi Jawaban benar 1 alasan salah atau membantu ibunya melayani jawaban salah alasan benar pesanan jahitan.3 Jawaban : C Jawaban dan 0 1 kemaren, gimana, pesenan, alasan salah 1 kayak Jawaban benar 0 Jawaban salah4 Jawaban: D Jawaban benar 1 1 Pengirim suka berenang dan Jawaban salah 0 mencari ikan di pantai.5 Nilai matematika yang Membetulkan 6 2 2 rendah, tetapi lumayan Din – 8 kata tidak ada kenaikan sedikit baku menjadi dibandingkan nilai semester kata baku ganjil kemarin. Kalau kamu bagaimana, apakah tetap Membetulkan 3 1 seperti dulu? Menjadi juara – 5 kata tidak kelas. baku menjadi kata baku Membetulkan dua atau kurang kata tidak baku 0 menjadi kata baku6 Setelah menanyakan kabar Jawaban 2 2 kesehatan dan rapotan, Manda mengandung 3 – menyampaikan hasil nilai 4 kata kunci: rapor yang telah diterima dan kabar kesehatan, 81Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | GenapNo. Rambu/Kunci/Contoh Deskriptor Skor Skor Jawaban Evaluasi Maks rapotan, hasil rencana mengisi liburan nilai rapor, membantu ibu dengan membantu ibunya. Jawaban 1 mengandung 1 – 2 kata kunci: kabar kesehatan, rapotan, nilai rapor, membantu ibu Tidak ada Jawaban tidak 0 mengandung kata kunci kabar kesehatan, rapotan, nilai rapor, membantu ibu Jumlah nilai 10 Skor yang diperoleh Nilai = X Skor ideal = .......................... Skor maksimal Contoh: Hana memperoleh skor 9, maka nilai Hana adalah Nilai = 9 X 100 = 90 1082 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapGLOSARIUMsurat : gagasan tertulis yang disampaikan kepada seseorang/instansi secara resmi atau tidak resmi untuk tujuan dan kepentingansurat pribadi tertentu.surat dinaskepala surat : surat yang ditujukan kepada perseorangan, bersifat pribadi, danalamat surat untuk kepentingan pribadi.emailkata baku : surat yang dikirim oleh lembaga/perseorangan kepada lembagakalimat baku lain untuk kepentingan/urusan dinas. : bagian atas surat yang berisi nama lembaga/instansi/organisasi, alamat lengkap, dan logo instansi. : pihak yang dituju/menerima surat baik perseorangan maupun lembaga. : surat elektronik/surel, sarana berkiriman surat melalui jalur jaringan komputer. : kata-kata standar yang ejaan penulisan dan pelafalannya sudah disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia. : kalimat yang penulisan dan pengucapannya sudah sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia serta menyampaikan informasi secara tepat. 83Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | GenapDAFTAR PUSTAKAHarsiati, Titik; Agus Trianto; E. Kosasih. 2016. Bahasa Indonesia (Kelas VII). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Halaman 60 – 80)Priyanti, Endah Tri; M. Thamrin; Hadi Wardoyo. 2019. Buku Siswa: Bahasa dan sastra Indonesia SMP/MTs (Kelas VII). Jakarta: Bumi Aksara. (Halaman 44 – 66).Soedjito. 2009. Terampil Menulis Surat Resmi Bahasa Indonesia. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.Wahyudi, Johan. 2011. Terampil Menulis Surat. Solo: Tiga Serangkai. 84 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapMODUL 3BAHASA INDONESIAKELAS VII SMP (SEMESTER GENAP)MODUL 3BELAJAR SANTUN DALAM MENGUNGKAPKANPERASAAN DAN GAGASAN MELALUI SURAT 85Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | GenapPEMETAAN KOMPETENSI Unsurnsur surat ribadi dan surat dinasMenelaah unsur- Merancang Menulisunsur dan surat pribadi surat pribadikebahasaan dan surat dan suratsurat pribadi dinas dinasdan surat dinas Kebahasaan surat pribadi dan surat dinas MODUL 3 BELAJAR SANTUN DALAM MENGUNGKAPKAN PERASAAN DAN GAGASAN MELALUI SURATKompetensi Dasar 3.7 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar. 4.7 Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi.86 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | GenapPembelajaran 1:MPeenmelbaaehlaUjanrsaurn-u1n:suMr deannelKaeabhahUansasaunr-SUunrasut PrrdibaandiKdeabnaShuarasat aDninas Surat Pribadi dan Surat DinasA. Tujuan Pembelajaran 1. Setelah mempelajari surat pribadi dan surat dinas, peserta didik menunjukkan sikap spiritual yang semakin baik, antara lain sikap bersyukur dalam bentuk berdoa, sebelum dan sesudah belajar, dan menghargai perbedaan beragama; 2. Setelah mempelajari surat pribadi dan surat dinas, peserta didik menunjukkan sikap sosial yang semakin baik, antara lain sikap bekerja sama, bertanggung jawab, percaya diri, dan kreatif; 3. Setelah mencermati model surat yang disajikan, peserta didik dapat menjelaskan isi surat pribadi dan surat dinas secara kritis; 4. Setelah mencermati model surat yang disajikan, peserta didik dapat menentukan unsur surat pribadi dan surat dinas secara tepat; 5. Setelah mencermati model surat yang disajikan peserta didik dapat menjelaskan perbedaan antara unsur-unsur surat pribadi dan surat dinas secara tepat; 6. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan terstruktur yang disajikan, peserta didik dapat menjelaskan isi setiap unsur pada surat pribadi dan surat dinas secara tepat; 7. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan terstruktur yang disajikan, peserta didik dapat menjelaskan ciri kebahasaan dalam surat pribadi dan surat dinas secara tepat; 8. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan terstruktur yang disajikan, peserta didik dapat menjelaskan perbedaan ciri kebahasaan dalam surat pribadi dan surat dinas secara tepat.B. Peran Guru dan Orang Tua Pada pembelajaran tentang teks surat pribadi dan surat dinas ini Bapak/Ibu Guru telah merancang kegiatan pembelajaran yang praktis dan difokuskan pada aktivitas Ananda. Tujuannya adalah agar Ananda lebih banyak melakukan aktivitas yang meliputi kegiatan membaca secara cermat dan kritis, menentukan unsur-unsur surat pribadi dan surat dinas, membandingkan unsur-unsur surat pribadi dan surat dinas, menjelaskan secara sistematis isi setiap unsur dalam surat pribadi dan surat dinas, menjelaskan ciri-ciri kebahasaan dalam surat pribadi dan surat dinas, dan 87Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | Genapmenjelaskan perbedaan ciri kebahasaan antara surat pribadi dan surat dinas. Dengan rancangan pembelajaran tersebut diharapkan Ananda dapat belajar secara mudah dan menyenangkan. Selain itu, Ananda juga akan diberi bahan pengayaan yang dapat dikerjakan dengan pendampingan orang tua. Jangan segan bertanya dan mencari sumber lain untuk menyelesaikan tugas. Bapak/Ibu di rumah diharapkan juga mengambil peran (a) mendampingi dan memfasilitasi Ananda pada saat mengerjakan tugas di rumah; (b) menyampaikan kepada guru kesulitan-kesulitan yang dihadapi Ananda ketika belajar; dan (c) menyediakan bahan bacaan tambahan (buku pelengkap, buku tentang surat- menyurat, contoh-contoh surat, atau membantu memilih dan mengunduhkan contoh surat pribadi dan surat dinas yang sesuai untuk Ananda melalui internet).C. Aktivitas Pembelajaran Salam literasi untuk Ananda semua! Pada pembelajaran kali ini, Ananda diajak mencermati model teks surat pribadi dan surat dinas, kemudian dipandu untuk menelaah secara kritis isi surat, menjelaskan unsur-unsur yang terdapat dalam surat pribadi dan surat dinas, dan menjelaskan ciri-ciri kebahasaan yang digunakan dalam surat pribadi dan surat dinas. Melalui serangkaian kegiatan tersebut, diharapkan Ananda benar-benar paham tentang surat pribadi dan surat dinas baik ditinjau dari segi bentuk, isi, maupun kebahasaannya. 1. Kritis terhadap Isi Surat Pribadi dan Surat Dinas Memahami isi surat pribadi dan surat dinas secara cermat dan tepat sangatlah penting. Hal itu dapat dipahami karena dampak berkomunilasi melalui surat itu berbeda dengan berkomunikasi langsung secara lisan. Berkomunikasi langsung secara lisan mudah untuk melakukan ralat atau perbaikan apabila terjadi kesalahan baik oleh pembicara maupun pendengarnya. Ketika pembicara menyadari ada kesalahan dalam tuturannya, dengan cepat ia bisa meralatnya. Demikian halnya dengan pendengar, apabila ada bagian yang kurang jelas atau kurang dimengerti, ia secara langsung bisa meminta pembicara untuk mengulang atau menjelaskan kembali bagian yang belum jelas tersebut. Kondisi itu tentu berbeda dengan berkomunikasi melalui surat. Pada saat berkomunikasi melalui surat, pengirim surat tidak mudah melakukan ralat apabila terdapat kesalahan, ia harus mengirim surat lagi untuk meralat kesalahan pada surat yang telah dikirimnya. Begitu juga 88 Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | Genapdengan penerima surat, juga tidak mudah meminta penjelasan kepada pengirimsurat jika ada bagian yang kurang dipahami. Setidaknya membutuhkan waktuuntuk meminta penjelasan kepada pengirim surat. Apalagi jika yang dikirim itusurat dinas, maka kesalahan sedikit saja tentu akan berdampak negatif bagipengirim surat. Oleh sebab itu, menulis surat dinas harus cermat, jelas, dan tepat.Begitu juga bagi pembaca surat dinas, harus dapat mencerna isi surat secara tepatagar respon yang dilanandakan juga tepat sesuai dengan maksud isi surat dinastersebut.Untuk itu, marilah kita belajar menulis dan memahami isi surat pribadi dan suratdinas secara sungguh-sungguh. Pada bagian awal ini Ananda akan dipandu untukmencermati model surat pribadi dan surat dinas kemudian menjelaskan secarakritis isi surat tersebut. Untuk itu, bacalah teks surat berikut ini.Jakarta, 16 Februari 2020 Unsur: (1)Teruntuk Guruku Tercinta, Ibu Mariyam S.Pd (2)di JombangAssalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh (3)Gimana kabarnya Bu Mariyam? Ananda berharap Ibu senantiasadiberikan kesehatan serta berada dalam lindungan Allah SWT, Aamiin. (4a)Ibu Mariyam, surat ini ananda sampaikan untuk membagikan beritagembira kepada Ibu. Alhamdulillah Bu, kemarin ananda lolos dalamOlimpiade Matematika Nasional serta saat ini ananda jadi wakil (4b)Indonesia buat mengikuti Olimpiade Metematika di Amerika.Alhamdulilah ya Bu, impian kita berdua dapat terwujud pada akhirnya.Bu, ananda mau mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknyakepada Ibu. Ibu yang sudah bekerja keras mengantarkan danmembimbing ananda, sehingga ananda dapat sampai ke tahap ini.Ananda mohon maaf ya Bu bila sepanjang proses belajar, ananda banyaknakalnya serta sulit dipahamkan.Saat ini, ananda masih belum dapat membalas kebaikan Ibu. Sebagaigantinya, ananda hendak senantiasa mendoakan kebaikan buat Ibu 89Modul PJJ Bahasan Indonesai | VII | GenapMariyam. Mudah-mudahan Bu Mariyam senantiasa diberi kesehatan,berkah rezekinya, serta dihindarkan dari seluruh marabahaya.Oh iya Bu, ananda memiliki sedikit kenang-kenangan buat IbuMariyam. Mohon jangan dilihat wujudnya ya Bu, karena mungkin tidakberarti. Namun, ananda berharap Ibu menyukainya. Anandamembelikan Bu Mariyam perlengkapan ibadah yang terkirim bertepatandengan datangnya pesan ini. Mudah-mudahan hal tersebut menjadipengikat kasih sayang ananda kepada Ibu Mariyam. Selain itu, jugasebagai wujud ungkapan rasa terima kasih ananda kepada Ibu.Ibu Mariyam yang ananda sayangi, dalam kesempatan ini ananda jugamemohon doa restu Ibu agar ananda diberikan kelancaran, kemudahan,dan keberhasilan buat mengikuti Olimpiade Matematika di Amerika.Mungkin cukup sekian surat ananda kepada Bu Mariyam. Apabilaananda ada kekurangan serta kesalahan, ananda mohon maaf yang (4c)sebesar- besarnya.Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh (5)Murid Matematika,Rika Marlina (6) Sumber: https://www.cryptowi.com/contoh-surat- pribadi/#Contoh_Surat_Pribadi_Untuk_Guru(1) Apa saja yang disampaikan Rika Marlina kepada gurunya? Untuk menjawab pertanyaan ini, silakan Ananda menentukan pokok-pokok isi surat yang Ananda baca di atas. Pokok-pokok isi surat tersebut harus benar-benar tertulis dalam teks surat di atas. Tulislah pokok-pokok isi surat tersebut pada kolom di bawah ini! Surat untuk Guruku90

Modul PJJ Bahasa Indonesia | VII | Genap