Apa fungsi menu text wrapping

Text wrapping yang sudah disediakan memungkinkan Anda dengan cepat memindahkan gambar ke lokasi tertentu pada halaman. Secara otomatis, teks akan membungkus di sekitar objek sehingga masih mudah untuk dibaca.

Wrap text ada dimana?

Anda mungkin bisa menemukan opsi ini pada kelompok pilihan “Arrange” atau tab “Advanced Layout”, tab “Drawing Tools”, atau tab “SmartArt Tools”, tergantung pada versi Word yang digunakan. Pilih tombol “Wrap Text”. Anda bisa melihat tombol ini di pojok kanan atas gambar saat gambar diklik.

Bagaimana cara menyisipkan clipart dalam dokumen?

Pada menu sisipkan , arahkan ke gambar, dan lalu klik Clip Art. Dalam kotak Cari di panel tugas Clip Art , ketikkan kata atau frasa yang mendeskripsikan clip yang Anda inginkan, atau ketik semua atau sebagian nama file clip, dan lalu klik masuk. Pilih klip yang Anda inginkan dari hasil pencarian.

Bagaimana cara mengaktifkan word wrap?

Untuk mengaktifkan fitur Word Wrap di Notepad cukup mudah. Anda jalankan atau buka terlebih dahulu editor Notepad, klik menu Format (1) dan kemudian klik Word Wrap (2) untuk memberi tanda centang. Sekarang fitur Word Wrap di Notepad telah diaktifkan.

Langkah yang tepat untuk menyisipkan Word Art ke dalam dokumen adalah?

Menambahkan WordArt

  1. Pada tab Sisipkan, dalam grup Teks, klik WordArt, lalu klik gaya WordArt yang Anda inginkan.
  2. Masukkan teks Anda. Anda dapat menambahkan isian atau efek ke bentuk atau kotak teks serta teks dalam WordArt.

Bagaimana cara menambahkan Word Art ke dalam sebuah dokumen?

Jawaban. Klik tempat teks dekoratif ingin disisipkan di dalam dokumen. Pada tab Sisipkan, dalam grup Teks, klik WordArt. Klik gaya WordArt apa pun, dan mulailah mengetik.

Apa fungsi Wrap text dalam excel?

Fungsi Wrap Text Excel Pada Microsoft Word, fungsi warp text yaitu dipakai untuk mengatur posisi objek gambar supaya tidak tabrakan dengan teks. Sementara pada Microsoft Excel, fungsi wrap text yang ada pada group Alignment yaitu untuk mengatur teks supaya menyesuaikan lebar kolom dimana tulisan bisa terbaca semua.

Apa fungsi wrap text pada ms excel?

Wrap Text digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks.

Pada microsoft word, fungsi warp text adalah untuk mengatur posisi objek illustrasi/gambar agar tidak bertubrukan dengan teks. Sedangkan pada microsoft excel, fungsi wrap text yang terdapat pada group Alignment adalah untuk mengatur teks agar menyesuaikan lebar kolom sehingga tulisan tersebut bisa terbaca semua.

Loh kok bisa begitu?

Pengertian

Word: Wrap text adalah sebuah fitur yang terfapat pada menu Layout group Arrange dalam software microsoft word yang kegunaan utamanya untuk mengatur posisi objek seperti gambar agar tidak bertabrakan / bertindihan dengan tulisan.

Excel: Wrap text adalah sebuah ikon yang terdapat pada menu Home dalam group Align di software microsoft excel yang kegunaan-nya untuk mengatur teks agar menyesuaikan lebar kolom, sehingga tulisan bisa terlihat dan terbaca semua.

Wrap artinya bungkus, dan text artinya tulisan. Ya, intinya sih pengaturan biar bagaiaman tulisan tersebut bisa terbungkus dengan rapi di antara banyak objek yang terdapat dalam dokumen tersebut. Objek tersebut bisa berupa gambar, shape maupun kolom tergantung software microsoft mana yang kalian pake.

Fungsi

Ada 2 inti, jika membacarakan word, maka fitur Wrap text berhubungan dengan group Illustration berupa gambar, shape, icon, chart dan lainnya agar tidak bertabrakan dengan tulisan.

Sedangkan pada excel berkaitan dengan kolom.

Fungsi Wrap Text pada Microsoft Word

  1. Mengatur text berada di belakang objek gambar.
  2. Mengatur agar tulisan berada di depan gambar.
  3. Mengatur agar teks berada di antara shape, atau mengikuti bentuk shape.

Fungsi Wrap Text pada Microsoft Excel

  1. Mengatur agar teks menyesuaikan besarnya kolom sehingga bisa terbaca semua.

Kesimpulan

Pada intinya, penggunaan wrap text pada microsoft word juga menentukan apakah objek gambar tersebut dapat dipindah ke posisi lain dalam halaman tersebut. Seringkali saat kita sudah memasukan gambar, saat dipindah, objek tersebut kembali lagi ke tempat asalnya sebab secara otomatis berformat In Line with Text atau menyatu dalam paragraf dokumen tersebut. Hal ini diakibatkan kita tidak mengaturnya ke Behind Text.

Sedangkan dalam software excel, pada suatu kondisi dimana kita menginginkan lebar kolom yang sama, tulisan kadang tidak muat atau melebar ke samping, nah agar bisa kebaca semua harus menyesuaikan lebar dari kolom tersebut dengan fitur Wrap text.

Fungsi wrap text pada Microsoft Word -  wrap text merupakan peletakan sebuah objek didalam sebuah tulisan pada paragraf tertentu, wrap ini berfungsi untuk mengatur gambar yang di insert kedalam word baik itu di insert dengan scrool atau menekan picture di halaman yang ingin dimasukkan gambar. 

Menu pada wrap text | Husaini

Bagi anda pengguna word dan sering mempresentasikan sesuatu dengannya, sangatlah penting untuk mengetahui fungsi dari wrap text ini agar jika anda menambahkan gambar pada halaman kerja anda itu terlihat lebih  profesional. Wrap text ini juga banyak digunakan untuk menyeting gambar pada pembuatan undangan pernikahan, pembuatan sertifikat dan pada banyak hal positif lainnya.

Oleh karena fungsinya yang penting maka sangatlah bermanfaat untuk kita pelajari, semoga tutorial dan penjelasan dibawah ini dapat memberikan pemahaman secara baik dan benar untuk sahabat sekalian, aaamiiiin.

LANGKAH MEMBUAT DAN MENGATUR WRAP TEXT

  • Ambil gambar (scroll) ke halaman word dan tempatkan dimana posisi yang diinginkan atau boleh dengan cara menggunakan menu - insert - kemudian pilih foto yang ingin digunakan, oke deh
  • Kemudian klik gambar denga lalu klik kanan mouse 
  • pilih wrap text
  • Kemudian atur deh sesuai dengan kebutuhan sahabat.

ADAPUN MENU SERTA FUNGSINYA YANG TERDAPAT PADA WRAP TEXT SEBAGAI BERIKUT

  1. In line with text
  2. Square
  3. Tigh
  4. Trough
  5. Top and bottom
  6. Behind Text
  7. Infront of text

Pada dasarnya semua menu yang terdapat pada wrap text ini berfungsi untuk mengatur sifat dari sebuah objek yang akan digunakan dan objek / foto tersebut berhubungan dengan objek lainnya. Berikut adalah fungsi full dari ketujuh poin diatas

1. In line with text (Wrap Text)

Digunakan untuk meletakkan objek sejalan dengan paragraf (dalam paragraf).

2. Square (Wrap Text)

Berfungsi untuk melipat teks yang berada disekitar objek / gambar membentuk menjadi segi empat.

3. Tight (Wrap Text)

Difunsikan untuk melipat text yang berada disekitar text sesuai dengan alur titik - titik pembentuk objeknya.

4. Truogh (Wrap Text)

Fungsinya untuk melipat teks yang berada di sekitar objek sesuai dengan alur dari titik pembentuk objek dan teks akan mengisi bagian objek yang terbuka.

5. Top and Bottom (Wrap Text)

Difungsikan untuk meletakkan teks di atas maupun di bawah objek

6. Behind Text (Wrap Text)

Difungsikan saat objeknya ingin di letakkan dibelakang text / tulisan.

6. Infront of Text (Wrap Text)

Difungsikan untuk meletakkan objek di depan teks.

Nah itulah sedikit ulasan dan cara memakai wrap text pada microsoft word serta menu yang terdapat pada wrap text. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa follow kami di instagram : idhusaini.com

Terimakasih telah berkunjung ke halaman kami yang berjudul "FUNGSI WRAP TEXT PADA MICROSOFT WORD" . Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya dalam postingan ini, namun apabila sahabat ingin mengoreksi kesalahan kami, memberi ide, komentar, saran, kritik dan lain sebagainya, kami persilakan untuk meninggalkan komentar dibawah atau menghubingi admin via email :